Helo Indonesia

Berharap Parmas Tinggi, Bupati Demak Ajak Pemilih Pemula Berbondong ke TPS

Senin, 27 November 2023 16:25
    Bagikan  
Berharap Parmas Tinggi, Bupati Demak Ajak Pemilih Pemula Berbondong ke TPS

Bupati Demak dr Hj Eistianah SE saat berdialog interaktif dengan siswa-siswi SMA Negeri 1 Karanganyar tentang cara menjadi pemilih pemula yang cerdas pada Pemilu 2024. Foto : jati

DEMAK, HELOINDONESIA.COM - Tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan pemilu ada pada tinggi-rendahnya pertisipasi masyarakat (parmas). Berharap parmas Pemilu serentak 2024 tinggi, Bupati Demak dr Hj Eisti'anah SE pun mengajak para pemilih pemula berbondong ke TPS, menggunakan hak pilih mereka pada 14 Februari mendatang.

Terkait hal tersebut, Bupati Eisti'anah didampingi Sekda H Akhmad Sugiharto ST MT mendatangi sekolah-sekolah dan madrasah yang siswa-siswinya telah memiliki hak pilih. Dengan metode dialog interaktif, bupati mensosialisasikan ihwal pesta demokrasi lima tahunan, dengan lima agenda pemilu sekaligus itu.

Baca juga: Pekerja Konstruksi di Kendal yang Miliki Sertifikasi Masih 1,6 Persen

"Siapa di antara adek-adek ini yang tahu, Pemilu serentak tahun depan itu memilih siapa saja? Silahkan maju dan sampaikan kepada temah-temannya," kata bupati, Senin 27 November 2023.

Meski ada yang bisa menjawab, bahwa Pemilu 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, namun tak sedikit di antara peserta sosialisasi yang tak paham tentang hal tersebut. Bahkan ada beberapa di antaranya menjawab, pemilihan kepala desa (Pilkades) termasuk dalam Pemilu serentak tersebut.

"Saat ini, adek-adek sebagai generasi muda harus melek politik. Salah satunya dengan menjadi pemilih yang cerdas pada Pemilu 2024," imbuh bupati.

Pemilukada

Pada 2024, selain masyarakat memilih pasangan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota pada 14 Februari, pada akhir tahun atau sekitar November juga ada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada).
Maka selain pasangan gubernur dan wakil gubernur, dipilih juga pasangan bupati dan wakil bupati, serta pasangan walikota dan wakil walikota.

Baca juga: Bawaslu Kota Semarang secara Langsung Awasi Logistik Pemilu 2024

Mengenai visi misi para calon yang berkontestasi, Bupati Eisti'anah menyarankan, para pemilih kelompok GenZ itu 'searching' di laman resmi KPU RI atau KPU Kabupaten Demak. Hal itu dimaksudkan agar mereka tidak memilih pemimpin masa depan bagai memilih kucing dalam karung

"Oleh karena itu silahkan ajak saudara, serta teman-teman yang sudah punya hak pilih ke TPS apda 14 Februari 2024. Kalian akan mendapat lima surat suara untuk memilih presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Pemilih pemula harus paham cara menggunakan hak suara kalian untuk memilih para pemimpin yang sesuai hati nurani," kata bupati.

Sebab penyelenggaraan Pemilu disebut berhasil, ketika parmas tinggi. Kabar baiknya, Pemilu 2019 parmas di Kabupaten Demak tercatat lebih dari 80 persen. Diharapkan pada Pemilu tingkat 2024 parmas meningkat, atau minimal sama dengan pilpres dan pemilu legislatif sebelumnya. (Jati)