Helo Indonesia

Tender Umroh Balam, Peserta Lain Kalah Walau Lebih Murah dan Pengalaman

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Minggu, 19 November 2023 13:51
    Bagikan  
Tender Umroh Balam, Peserta Lain Kalah Walau Lebih Murah dan Pengalaman

Kantor PBJ dan Risky Agung (Foto Jims/Helo)

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM -- Tender Umroh Pemkot Bandarlampung (Balam) yang pembiayaannya dari APBD Perubahan 2023 senilai Rp22 miliar penuh kejanggalan, mulai dari pemenang yang harganya lebih mahal sampai proses lelang menimbulkan kesan "simsalabim".

Alasan Dinas Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Pemkot Bandarlampung lewat Kabag Risky, Pemkot Bandarlampung memenangkan PT Madinah Iman Wisata adalah karena pengalaman. Walau penawaran paling mahal, biro ini yang dianggap paling pantas kembali menang. 

Padahal, biro perjalanan lainnya kemungkinan lebih berpengalaman seperti biro perjalanan PT Tur Silaturahmi Nabi dan PT Daanish Mika Salsa. Mereka bahkan mampu bersaing harga. Harga penawaran mereka jauh lebih rendah dari PT Madinah Iman Wisata.

PT Madinah Iman Wisata dengan harga penawaran Rp 21,9 miliar. Empat biro perjalanan lainnya lebih rendah hingga ada selisih Rp1 miliar dibandingkan dengan PT Tur Silaturahmi Nabi yang menawar paling rendah peringkat pertama, yakni Rp20,9 miliar.

Baca juga: Gubernur Arinal Bersama Ribuan Masyarakat Lampung Meriahkan Jalan Sehat dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59


Dua perusahaan biro perjalanan lainnya juga lebih hemat dibandingkan PT Madinah Iman Wisata. Marco Tour & Travel yang berada pada urutan kedua menawar Rp21,4 miliar; PT Daanish Mika Salsan yang berada pada uturan ketiga menawar Rp21,4 miliar, dan PT Kaisa Rossie yang menawar Rp21.8 miliar.

Soal pengalaman, PT Tur Silaturahmi Nabi yang berdiri sejak tahun 2007 milik Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) HM. Faried Aljawi. Dinas Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) seolah meremehkan pengalaman PT Tur Silaturahmi Nabi.

Jika alasannya menang pengalaman, PT Daanish Mika Salsa yang lebih berpengalaman. Biro perjalanan ini sudah beberapa kali juga memenangkan tender umroh Pemkot Bandarlampung pada era Wali Kota Herman HN pada tahun 2016, 2017, 2018.

Sedangkan pemenang tender kali ini, untuk di Lampung, pengalamannya baru dua kali diberi kesempatan mengelola umroh selama Wali Kota Eva Dwiana.

Baca juga: 9 Praja Dipecat, Potret Kebodohan Kita


Sebelumnya, Sabtu (18/11/2023), Kabag PBJ Kota Bandarlampung Risky Agung menyanggah jika ada permainan lelang di tender proyek umroh yang dilakukan secara online.

Perusahaan perjalanan travel haji dan umrah PT Madinah Iman Wisata bisa menang, alasan dia, sudah memenuhi persyaratan dan berpengalaman melaksanakan umroh dengan jumlah peserta banyak, katanya.

Kata dia, saat evaluasi, dari keenam perusahaan, lima gugur karena tidak memenuhi persyaratan. "Hanya satu yang memenuhi syarat dan berpengalaman, yakni PT Madinah Iman Wisata," katanya.

PBJ Kota Bandarlampung memenangkan perusahaan ini karena dianggap sudah pernah menangani umroh dalam jumlah besar Pemkot Bandarlampung. "Hanya perusahaan ini yang sanggup memberangkatkan 700 orang," katanya.

Setelah proses lelang tender proyek umroh ini, ada satu perusahaan yang menyanggah ke BPJ, yakni PT Daanish Mika Saksa (DMS) yang merasa sudah lengkap persyaratannya. Alasan Risky Agung, lagi-lagi dinilai belum berpengalaman memberangkatkan umroh dalam jumlah banyak.

Baca juga: Istri Capres Ganjar Bagikan Momen Carbo Loading Sebelum Full Marathon 42 KM


"Hanya PT Madinah Iman Wisata yang sanggup dan punya pengalaman, seperti akomodasi, keamanan peserta umroh serta lengkap dokumen perusahaan dan NIB perusahaannya," katanya.

Umrah kali ini dianggarkan lewat APBD-P Tahun 2023 ini memberangkatan 700 orang. "Kami punya Pokja yang menangani masalah lelang," tandasnya kepada Helo Indonesia Lampung.

Komisi I DPRD Kota Bandarlampung angkat bicara terkait adanya dugaan kongkalikong Tender Proyek Pengadaan Perjalanan Umroh Pemkot Bandarlampung Tahun 2023 senilai Rp22 miliar.

"Kita akan minta klarifikasi tender umroh ini kepada pihak-pihak yang mengikuti tender perjalanan umroh gratis yang dilaksanakan oleh Pemkot Bandarlampung," kata Ketua Komisi I DPRD Kota Bandarlampung Sidik Efendi, Rabu (15/11/2023)

Dia juga mengaku heran pemenang tender justru yang menawar lebih tinggi Rp1 miliar pada nomor urut lima dibandingkan penawar rangking pertama, katanya kepada Helo Indonesia Lampung, Rabu (15/11/2023).

Sidik melihat rangking pertama tender proyek adalah PT Tur Silaturahmi Nabi dengan nilai penawaran Rp20,8 miliar tapi pemenangnya PT Madinah Iman Wisata yang berada pada nomor urut lima dengan penawaran Rp21,8 miliar lebih atau lebih tinggi Rp1 miliar dari penawar rangking pertama.

Baca juga: DPP Golkar Calonkan Lagi Arinal, 18 Bupati, 4 Walkot dan 3 Wabup


"Insya Allah dalam waktu dekat akan kita panggil pihak PBG Kota Bandarlampung untuk mengklarifikasi kenapa PT Madinah Imam Wisata yang berkedudukan di Jakarta menjadi pemenang tender proyek umroh," ujarnya.

Hasil penyelusuran Helo Indonesia Lampung, Senin (13/11/2023), pemenang proyek yang proses lelangnya lewat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) justru perusahaan penawar yang jauh lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain.

(1). PT Tur Silaturahmi Nabi berada pada urutan pertama dengan penawaran Rp20,9 miliar.
(2). Marco Tour & Travel urutan kedua dengan nilai Rp21,4 miliar.
(3). PT Daanish Mika Salsa nilai penawarannya Rp21,4 miliar.
(4). PT Kaisa Rossie Rp21.8 miliar.
(5). Madinah Iman Wisata nilai penawaran Rp 21,9 miliar.
(6). PT. Tauba Zakka Atkia nilai penawaran Rp 21,9 miliar.

Selain itu, baru kali ini ada selisih waktu sejam antara penutupan dengan evaluasi panitia lelang. Tender serupa tahun-tahun sebelumnya, tak ada jeda waktu, begitu ditutup langsung panitia mengevaluasi penawaran yang masuk lewat lelang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Adanya senggang waktu sejam tender tahun ini yang kemudian menimbulkan misteri. "Apa yang terjadi terhadap selisih waktu sejam dari penutupan tender secara elektronik dengan evaluasi rengking enam perusahaan yang berhasil masuk melakukan penawaran secara elektronik lewat LPSE tersebut," ujar seorang peserta kepada Helo Indonesia Lampung, Selasa (14/11/2023).

Tahun-tahun sebelumnya, tak ada selisih waktu, begitu ditutup langsung evaluasi sehingga tak ada kecurigaan adanya permainan secara elektronik tender Tender Proyek Pengadaan Perjalanan Umroh Pemkot Bandarlampung.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBG) Kota Bandarlampung Rizki Agung dikonfirmasi tidak ada di tempat, kata salah satu stafnya. Begitu juga nomot whatsApp, belum bisa dihubungi Helo Indonesia Lampung, Senin (13/11/2023). (Hajim/HBM)