Helo Indonesia

Iis dari Lampung Dapat Penghargaan Nasional Hari Kesehatan 2023

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 14 November 2023 11:33
    Bagikan  
Iis dari Lampung Dapat Penghargaan Nasional Hari Kesehatan 2023

Iis Uswatun Hasanah (Foto Ist/Helo)

LAMPUNG,HELO INDONESIA.COM -- Relawan kesehatan asal Provinsi Lampung, Iis Uswatun Hasanah (25) memperoleh penghargaan nasional sebagai relawan terbaik tingkat provinsi di bidang kesehatan pada momentum Hari Kesehatan Nasional 2023 di Jakarta, Senin (12/11/2023).

Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2023 memberikan penghargaan bergengsi itu atas dedikasinya sebagai volunteer kesehatan yang fokus melayani masyarakat yang membutuhkan advokasi baik di rumah singgah maupun pendampingan selama pasien dirawat di rumah sakit.

Iis Uswatun Hasanah mengucapkan Terima kasih atas dukungan banyak pihak dan terima kasih juga pada Astra Award. 

Baca juga: Presiden Joko Widodo Ajak Seluruh Negara Anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Perjuangkan Keadilan Rakyat Palestina


Pengelola Rumah Singgah Peduli Cabang Lampung Firman juga merasa ikut bangga atas penghargaan nasional yang diperoleh Iis Uswatun Hasanah. "Semoga apresiasi dari Astra Award dapat menjadi motivasi para volunteer terus berkarya dan berbuat bagi negeri ini," ujarnya.

Iis Uswatun Hasanah merupakan relawan bidang kesehatan dari Relawan Komunitas Peduli Generasi Lampung dan pengelola Rumah Peduli Lampung, kata Firman yang merupakan tokoh pengelola foundation tersebut.

Menurutnya, apa yang diperoleh Iis Uswatun Hasanah kado terbaik bagi Lampung pada Hari Kesehatan Nasional. "Selamat dan terus berjuang untuk kemanusiaan," tandas Firman kepada Helo Indonesia Lampung, Selasa (14/11/2023).

Baca juga: Gilang Ramadhan dan Para Seniman Hidupkan Situs Pugung Raharjo


Astra International Tbk (Astra) kembali menggelar Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2023 adalah penghargaan bagi pemuda berusia sampai 35 tahun dengan kegiatan yang berdampak positif terhadap masyarakat.

"Selain menerima bantuan dana kegiatan, para penerima awards juga bisa menerima bantuan pelatihan dari Astra. Dan tentunya juga potensi untuk berkolaborasi dengan Desa Sejahtera Astra dan Kampung Bersih Astra," kata Boy Kelana Soebroto dalam Kick Off SATU Indonesia Awards 2023, di Menara Astra, Jakarta, Senin (12/11/2023).

Pemuda Indonesia dengan kegiatan di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kewirausahaan, dan teknologi bisa melakukan pendaftaran SATU Indonesia Awards mulai hari ini sampai dengan 6 Agustus 2023 mendatang melalui https://sia.astra.co.id.

Syarat penerima apresiasi ini, selain individu berusia maksimal 35 tahun, kelompok berisi minimal 3 orang pemuda juga bisa melakukan pendaftaran.

Baca juga: Banding Tuntut Pengembalian Aset Kampung, PN Gunungsugih Dinilai Abaikan Saksi dan Fakta


Adapun kegiatan yang dilakukan harus orisinal, berlangsung minimal 1 tahun, belum pernah menerima penghargaan nasional atau internasional sebelumnya, pendaftar bukan karyawan Grup Astra ataupun mitra SATU Indonesia Awards Indonesia, dan pendaftar belum pernah menerima manfaat dari Grup Astra sebelumnya.

“Kami juga menyelaraskan program peserta yang akan menerima SATU Indonesia Awards dengan sustainability sebagai kriteria penilaian. Beberapa waktu lalu, dewan juri berkumpul untuk menambahkan aspek keberlanjutan sebagai kriteria penilaian dimana produk-produk pendaftar mesti sesuai dengan kriteria environmental, sustainability, dan good governance,” katanya pula.

Baca juga: Yansos Jejama Bantu 100 Disabilitas di Pesawaran


Ia berharap jumlah pemuda yang mendaftar SATU Indonesia Awards 2023 bertambah dengan kualitas yang juga meningkat.

Saat pertama kali diselenggarakan pada 2010, pendaftar SATU Indonesia Awards 2023 hanya mencapai 120 dan bertambah menjadi 13.500 pada tahun 2022.

“Dari beberapa penerima SATU Indonesia Awards 2023, kami juga melihat sudah banyak yang berkolaborasi dengan Kampung Bersih Astra dan Desa Sejahtera Astra yang masing-masing berjumlah 170 dan 1.060 yang tersebar di seluruh Indonesia,” katanya lagi. (HBM)