Helo Indonesia

Hari Ini USM Pemecahan Rekor Muri, Hadirkan 20 Mantan Napiter di Seminar Nasional

Kamis, 9 November 2023 15:01
    Bagikan  

- Kegiatan pecah rekor Muri yang digelar USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Universitas Semarang (USM) akan memecahkan rekor Muri dengan menyelenggarakan Seminar Nasional bersama 20 mantan narapidana teroris (napiter) pada Kamis hari ini 9 November 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Ir Widjatmoko USM akan diikuti 400 peserta dari unsur mahasiswa dan pelajar SMA/SMK/MA/Sederajat.

Baca juga: Rawa Pening Performing Arts & Festival 2023 Siap Digeber, Cek Rundown di Sini

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, USM akan mendapatkan piagam dari Museum Rekor Indonesia (Muri) karena seminar nasional pertama yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi di Indonesia dengan mendatangkan 20 mantan napiter sebagai narasumber.

''Selain rekor Muri, USM juga akan mendapatkan penghargaan antara lain penandatangan dan penyerahan prasasti sebagai kampus antiintoleransi dan antipaham radikalisme. Selain itu USM juga mendapatkan pengharaan sebagai kampus yang menerapkan program pencegahan paham radikan terorisme oleh Direktur Idensos Densus 88/AT,'' katanya.

Kegiatan akan mendatangkan narasumber Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi.

Baca juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan Gelar 5 Kali Debat Capres-Cawapres, Terdapat 6 Segmen

Menurutnya, kegiatan yang mengambil tema ''Pencegahan Paham Radikalisme bagi Mahasiswa Indonesia Menuju Generasi Emas 2045'' itu bertujuan memberikan pemahaman dan dampak negatif dari radikalisme serta penguatan pendidikan karakter bagi mahasiswa dan pelajar.

''Kami berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta agar dapat membentengi diri dari paham-paham radikalisme,'' ungkapnya. (Aji)