Helo Indonesia

Mbak Ita Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Global

Jumat, 3 November 2023 20:43
    Bagikan  
Mbak Ita Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Global

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu saat meninjau stan UMKM dalam SMEXPO di Mal Paragon Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mendorong pelaku UMKM agar memiliki semangat naik kelas dari lokal ke global.

Hal itu disampaikan Mbak Ita, sapaan akrabnya, saat membuka Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) di Mal Paragon Semarang, Jumat 3 November 2023.

Baca juga: Pantau Kebugaran, 838 Atlet Jateng Jalani Tes Fisik di Stadion Jatidiri

"Hari ini saya bersama dengan bapak ibu Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah membuka SMEXPO, dan ini hanya ada di empat kota di Indonesia, salah satunya adalah kota Semarang," ujar Mbak Ita.

Menurutnya, suatu kebanggaan karena Kota Semarang terpilih menjadi salah satu lokasi event nasional BUMN ini selain Balikpapan, Pekanbaru, dan Jakarta.

"Tentunya ini bisa menjadi pemicu atau support system, sehingga kami mendorong agar UMKM bisa naik kelas dari lokal ke global," katanya.

Mbak Ita menjelaskan, ada sekitar 60 ribu UMKM di Kota Semarang, namun yang baru memproses Nomor Induk Berusaha (NIB) baru 18 ribu.

Dengan mendapatkan fasilitas pameran SMEXPO yang digelar Pertamina, para pelaku UMKM harus berkomitmen dan konsisten memberikan produk terbaiknya.

Baca juga: 35 Kabupaten/Kota Ikuti Porseni MI 2023 Tingkat Jawa Tengah di Kendal

UMKM harus berkomitmen, lanjut Mbak Ita, dan punya kesadaran untuk memikirkan pengembangan usahanya lebih lanjut. Karena jika permintaan pesanan banyak, harus siap pula dengan jumlah produksi yang banyak pula.

"Misal tadi saat meninjau, kami mau beli dalam jumlah banyak tapi ternyata tinggal satu atau dua saja produknya. Padahal para pelaku UMKM ini sudah dapat fasilitas yang luar biasa dari Pertamina, seharusnya mereka juga mempersiapkan produk lebih banyak. Inilah yang harus kita dorong, dari spirit atau semangatnya," katanya.

Bantu Mengembangkan

Sementara itu, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Tengah dalam membantu mengembangkan UMKM.

Baca juga: Pengguna Samsung Wajib Tahu! Inilah Daftar 31 Tipe yang Kebagian OneUI 6.0 Android 14

"SMEXPO itu memang setiap tahunnya selalu digelar, tapi biasanya ada di Jakarta. Baru kali ini ada di Kota Semarang. SMEXPO dalam rangka untuk mewadahi promosi para UMKM kita," jelasnya.

Turut hadir VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman didampingi oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Region Jawa Bagian Tengah, Aji Anom Purwasakti. Fajriyah menargetkan transaksi diatas Rp 10 miliar dalam SMEXPO 2023.

"Dalam SMEXPO ini tidak hanya pameran saja, tapi ada workshop untuk masyarakat dan juga bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka, " katanya.

Alasan mengapa Pertamina memilih Kota Semarang sebagai salah satu lokasi SMEXPO, lanjut Fajriyah, karena Kota Semarang merupakan kantong industri dan kantong UMKM.

"Kami telah melakukan kurasi, pastinya kualitas barang sudah baik, ada demand dan produk yang baik dalam SMEXPO di Kota Semarang ini," tambahnya. (Aji)