Helo Indonesia

Nana Dorong Para Pemuda untuk Terus Berinovasi agar Jateng Makin Maju

Sabtu, 28 Oktober 2023 12:46
    Bagikan  
Nana Dorong Para Pemuda untuk Terus Berinovasi agar Jateng Makin Maju

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat hadir pada malam ramah tamah Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Banjarnegara. Foto: jatengprov.go.id

BANJARNEGARA, HELOINDONESIA.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana mendorong para pemuda untuk terus berinovasi, agar provinsi ini bisa lebih maju. Semangat Sumpah Pemuda harus terus dibawa dengan tidak lelah untuk berkreasi.

Nana menyampaikan hal tersebut saat menghadiri malam ramah tamah Hari Sumpah Pemuda ke-95 bertema Bersama Majukan Indonesia, di Pendapa Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jumat (27/10/2023) malam.
Menurutnya, prestasi yang sudah ditorehkan para pemuda, mesti menjadi ditiru dan menjadikan semangat untuk berbuat lebih baik lagi.

Baca juga: Peringati Hari Sumpah Pemuda, Mbak Ita Singgung Peran Penting Gotong Royong

“Kami berharap di Hari Sumpah Pemuda jadi pemacu. Saya harapkan banyak yang memiliki semangat dan kreativitas, dan inovasi. Para kelompok pemuda ini bisa bikin apa yang bisa dikerjakan,” kata Nana, seperti dilansir jatengprov.go.id.

Dia juga berharap kreativitas pemuda nantinya bisa disampaikan kepada pemerintah kabupaten atau provinsi. Jika nantinya kreativitas itu bagus, maka berpotensi untuk dikembangkan.

Dalam kesempatan itu, Nana juga memuji peran pemuda pelopor yang telah berprestasi hingga luas. Ada tiga perwakilan yang hadir di panggung, yaitu pemuda pelopor pendidikan Ardi Pratama, pemuda pelopor bidang pangan Isnah Karimah, dan pelopor bidang agama, sosial, budaya, seni tradisional Grahita Purwanda Shinta.

Makin Maju

Nana tak menampik, saat ini masih ada pemuda yang menganggur, atau hidup dalam kemiskinan. Dalam hal ini, pemprov terus berupaya melakukan penanganan, termasuk mengatasi permasalahan lain, agar Jateng makin maju.

“Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, jadi perlu adanya kolaborasi dan sinergitas,” tuturnya.

Baca juga: Lawan Persija, PSIS Semarang Ingin Tutup Putaran Pertama dengan Manis

Pemuda pelopor bidang agama, sosial, budaya, seni tradisional Grahita Purwanda Shinta asal Kabupaten Rembang, mengatakan, saat ini peran pemuda sangat dibutuhkan demi majunya bangsa.

“Zaman sekarang banyak budaya yang masuk di Indonesia tanpa tersaring. Saya berharap pemuda tetap melestarikan budaya, agar tidak tergerus zaman,” kata Grahita di sela acara.

Pemuda pelopor bidang pangan, Isnah Karimah, asal Kabupaten Pekalongan menambahkan, dirinya berperan dalam mengembangkan potensi sumber daya alam di wilayahnya, dengan memproduksi makanan yang bisa dijual ke pasaran, seperti jamur.

Menurutnya, peran pemuda yang sadar dengan potensi wilayah masing-masing, sangat dibutuhkan.

“Kita harus memberikan dedikasi terus kepada daerah tempat kita tinggal. Kalau pemuda tidak ada rasa semangat, maka siapa yang akan meneruskan,” ujar Isnah.

Ditambahkan, peran pemuda menjadi mutlak agar pembangunan bangsa ke depan bisa terus berjalan dan semakin maju.

“Pemudalah yang harus melanjutkan pembangunan ini,” tuturnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Jateng Shinta Nana Sudjana, Sekda Jateng Sumarno, Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jateng Agung Hariyadi, perwakilan OPD Jateng, perwakilan dari 35 kota/ kabupaten se-Jateng, unsur Forkopimda, dan lainnya. (Aji)