Helo Indonesia

20 Kafilah Jateng Ikuti STQH Nasional, Pj Gubernur Minta Jangan Grogi

Sabtu, 28 Oktober 2023 06:58
    Bagikan  
20 Kafilah Jateng Ikuti STQH Nasional, Pj Gubernur Minta Jangan Grogi

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana saat melepas kontingen Jateng ke STQH Nasional. Foto: jatengprov.go.id

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana melepas 20 kafilah Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Tingkat Nasional XXVII Tahun 2023, di Kantor Gubernur Jateng, Jumat 27 Oktober 2023.
Kalifah perwakilan Jateng itu akan diberangkatkan ke Jambi pada Sabtu (28/10/2023) hari ini bersama delapan pendampingnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada LPTQ Jawa Tengah, yang telah membimbing dan menyeleksi adik-adik kita, anak-anak kita, sehingga mendapatkan kafilah terbaik untuk maju pada kompetisi nasional ini,” kata Nana, seperti dikutip dari jatengprov.go.id, Jumat 27 Oktober 2023.

Baca juga: 700 Atlet Bersaing di Kejurprov Tenis Meja Perebutkan Piala Gubernur Jateng

Dia meminta para perwakilan yang hendak mewakili Jateng itu, memiliki mental bertanding yang kuat. Sebab, ketika lomba sudah di depan mata, yang diperlukan hanyalah kesiapan. Dan, kesiapan itu sudah dilewati melalui berbagai pelatihan, dengan masing-masing tahapannya.

“Maka, perkuat mental bertanding supaya tidak grogi. Grogi untuk tampil itu saya minta untuk dihilangkan,” tambah Nana.

Selain itu, sambung Pj Gubernur, peserta juga perlu membangun semangat dalam kompetisi, dan tidak merasa terbebani. Mereka juga dminta sungguh-sungguh dan tampil optimal, serta meniatkan untuk mendirikan syiar agama.

“Tunjukkan dengan semangat membawa nama besar Jateng. Kita tunjukkan bahwa Jateng tidak kalah dengan provinsi-provinsi yang lain, dan ada upaya untuk memperbaiki peringkat. Dari enam menjadi ke yang lebih kecil lagi. Syukur-syukur kalau satu,” ujar Nana.

Baca juga: Pemkot Semarang Jadikan HKN Sebagai Momentum Tingkatkan Pelayanan Publik


Empat Cabang


Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah Musta’in Ahmad mengatakan, sebanyak 20 kafilah STQH akan mengikuti 4 cabang lomba dengan 10 golongan.

Keempat cabang lomba itu adalah tilawah, tahfidz, tafsir, dan hafalan hadits. Sementara 10 golongan lomba yang diikuti adalah tilawah anak, tilawah dewasa, tahfidz 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, 30 juz, tafsir bahasa arab, hadits 100, dan hadits 500 (putra-putri).

“Mereka yang terpilih sudah melewati banyak tahapan dan latihan,” kata Musta’in, yang juga Ketua 1 LPTQ Jateng ini.

Rangkaian persiapan yang pertama, terangnya, menjalankan pelatihan sebanyak tiga kali dengan pembina dari LPTQ Provinsi Jawa Tengah.
Kemudian, ada pelatihan dengan mengirimkan peserta kepada para pembina tingkat nasional, di Semarang dan Jakarta. Mereka juga melakukan try out di depan peserta rakor LPTQ kabupaten/kota. (Aji)