Helo Indonesia

DPR RI Komisi VIII Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Rejosari Kangkung

Minggu, 22 Oktober 2023 06:36
    Bagikan  
DPR RI Komisi VIII Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Rejosari Kangkung

Anggota DPR RI Komisi VIII, Wisnu Wijaya dan Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmandiana menyerahkan bantuan kepada korba kebakaran di Desa Rejosari, Kangkung, Sabtu (21/10). Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Anggota DPR RI Komisi VIII, Wisnu Wijaya mendatangi rumah Rosdi, warga Dusun Wates, Desa Rejosari, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, yang menjadi korban kebakaran, Sabtu sore, 21 Oktober 2023

Kebakaran yang terjadi pada Jumat siang, 20 Oktober 2023 telah menghanguskan seluruh rumah korban beserta isinya. Sehingga saat ini korban harus tinggal di rumah anak dan menantunya.

Baca juga: Hasil Liga Inggris: Chelsea Gagal Menang, Derbi London Diwarnai Comback Arsenal

Kedatangan Wisnu Wijaya didampingi Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmandiana, Anggota DPRD Kendal, Sulistyo Aribowo dan Rubiyanto untuk menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Kartini Terpadu Temanggung kepada korban dan beberapa rumah yang terdampak.

Wisnu menyampaikan, penyaluran bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Kemensos RI yang merupakan mitra kerja Komisi VIII DPR RI, kepada masyarakat yang terdampak bencana.

"Ketika ada bencana seperti gempa bumi, banjir, angin topan, kebakaran dan lainnya, seperti hari ini yang sering terjadi adalah kebakaran. Ketika kita memberi info di Kendal ada kebakaran, Alhamdulillah cepat sekali responsnya," ungkap Wisnu Wijaya.

Dirinya berharap, melalui bantuan yang diberikan dapat membantu meringankan beban korban kebakaran di Desa Rejosari, Kangkung dan warga yang terdampak.

Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Iyan Kusmandiana menerangkan, bantuan yang diberikan kepada Rosdi dan warga yang terdampak kebakaran, diantaranya berupa makanan siap saji, lauk pauk siap saji, makanan anak, tenda gulung, kasur, selimut, perlengkapan anak dan tenda keluarga.

"Kami hari ini membawa logistik kedaruratan, ada makanan siap saji, makanan anak, selimut, tenda gulung dan kasur, yang memang sangat dibutuhkan. Karena kita lihat sendiri rumahnya habis terbakar," terang Iyan.

Bantuan Kewirausahaan

Iyan menambahkan, selain bantuan yang dikirimkan hari ini, pihaknya akan segera mengupayakan kepada korban terkait bantuan kewirausahaan. Karena alat-alat dan perlengkapan yang dimiliki Rusdi yang notabene merupakan seorang petani tersebut juga ikut ludes terbakar.

Baca juga: Pelatih Marcelo Sebut Hadapi PSS Sleman Persik Sudah Bermain Keras, Kini Fokus Menghadapi Persebaya

"Kami sedang memikirkan bagaimana dia bisa kembali berusaha. Kami memikirkan kewirausahannya Pak Rosdi. Itu yang akan kami sampaikan dan sedang kita ajukan," imbuhnya.

Saat ditanya terkait bantuan pembangunan rumah, pihaknya akan mengkoordinasikan dengan Dinas Sosial Kabupaten Kendal untuk menindaklanjutinya.

"Kalaupun nanti masuk ke Kemensos RI ya kami siap untuk menindaklanjuti. Dan Pak Wisnu juga pasti akan mendorong," tandas Iyan.

Sementara, Rosdi berterima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Dirinya berharap, selanjutnya ada bantuan untuk dirinya kembali bekerja sebagai petani.

"Cangkul, mesin pompa semuanya hangus terbakar. Ya kalau bisa diberi bantuan alat pertanian dan pembangunan rumah. Karena sekarang saya numpang dirumah anak," harapnya. (Anik)