Helo Indonesia

Pengasuh dan Pengurus Ponpes di Kendal Ikuti Halaqah Pesantren

Rabu, 18 Oktober 2023 21:33
    Bagikan  
Pengasuh dan Pengurus Ponpes di Kendal Ikuti Halaqah Pesantren

Kegiatan Halaqah Pesantren di Kendal untuk menyambut Hari Santri Nasional. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Sekitar 700 - an pengasuh dan pengurus pondok pesantren (ponpes) yang ada di Kabupaten Kendal mengikuti Kegiatan Halaqah Pesantren yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Pendapa Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Rabu 18 Oktober 2023.

Sekda Kendal, Sugiono selaku Ketua Panitia HSN 2023 Kabupaten Kendal mengatakan, kegiatan Halaqah Pesantren ini diharapkan dapat menjadi media untuk sharing, saling berbagi, berkoordinasi serta berdialog antara pimpinan pondok pesantren dengan unsur pemerintah.

Baca juga: Ciptakan Pelayanan Prima, RSUD Kendal Diskusi Bersama Awak Media dan LSM

"Selain itu juga untuk mempererat tali silaturahim antara ulama dan umara yang ada di Kabupaten Kendal," ujar Sekda Kendal.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki saat membacakan sambutan Bupati Kendal, Windu Suko Basuki menyambut baik atas diselenggarakannya kegiatan Halaqoh atau pertemuan pengasuh ponpes sebagai media menyampaikan ilmu, mempelajari ilmu dan menguatkan ukhuwah islamiyah.

"Momen Halaqoh ini semoga dapat menjadi media untuk saling berbagi ilmu dan serta berdialog, guna mendapatkan solusi-solusi terbaik untuk menjaga kerukunan umat Islam, menjaga keamanan dan mewujudkan sumber daya manusia unggul," harapnya.

Berakidah

Dirinya juga berharap, pondok pesantren dapat terus melahirkan insan-insan yang berakidah lurus dan kuat, beradab luhur, berkompeten dan amanah dalam berbagai bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Jelang Purna Tugas, Bu Lis: Bahagia Bisa Antar Anak Didik Menjadi Sosok Berhasil

"Kepada para pengasuh Pondok Pesantren agar senantiasa menjaga keikhlasan dan semangat dalam mensyiarkan Islam sesuai tuntunan Alquran dan Hadist. Mari kita saling menjaga keharmonisan dan tidak mudah terprovokasi terhadap fanatisme sempit yang dapat menimbulkan perpecahan," tandas Windu Suko Basuki.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Abdul Ghaffar Rozin atau yang biasa disapa Gus Rozin, pengasuh Ponpes Maslakul Huda Pati. Dan Ning Imaz Fatimatuz Zahra atau yang akrab dengan sapaan Ning Imaz, Pengasuh Ponpes Al- Ihsan Lirboyo Kediri.(Anik)