Helo Indonesia

Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Kendal

Minggu, 15 Oktober 2023 19:50
    Bagikan  
Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Kendal

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto membuka kegiatan lomba dalam rangka HSN 2023. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Kabupaten Kendal bakal digelar meriah.
Berbagai lomba telah disiapkan, diantaranya, lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub, lomba Hadroh, lomba Musabaqoh Tilawatil Qur'an, lomba Musabaqoh Hifdzil Quran, lomba pencak silat hingga lomba tumpeng.

Rangkaian lainnya, yakni Halaqah Pesantren, ziarah wali, upacara Hari Santri, karnaval, sholawat bersama Az-Zahir hingga panggung hiburan yang rencananya bakal menghadirkan Laila Majnun, Veve Zulfikar hingga Gilga Sahid.

Kegiatan lomba HSN 2023 Kabupaten Kendal dibuka secara resmi oleh Bupa

Baca juga: Gelar Gowes Bareng, ISSI Kendal Dorong Pemerintah Selesaikan Jalur Sport Tourism yang Terhenti

ti Kendal, Dico M Ganinduto di Pendapa Tumenggung Bahurekso Kendal, Sabtu 14 Oktober 2023.

Bupati Kendal berharap, serangkaian lomba dalam rangka HSN 2023, dapat menjadi wadah bagi para santri untuk menunjukkan kemampuan dan kapasitasnya kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kendal, bahkan di Indonesia.

"Melalui rangkaian kegiatan santri ini kita tunjukkan bahwa Kabupaten Kendal merupakan Kota Santri, Kabupaten Kendal memiliki kualitas yang membanggakan dan dapat berkontribusi untuk bangsa dan negara," ujar Dico.

Kafilah Terbaik
Dirinya juga berharap, serangkaian kegiatan HSN Kabupaten Kendal Tahun 2023 dapat menghasilkan kafilah-kafilah yang terbaik dari Kabupaten Kendal untuk diikut sertakan dalam lomba ke tingkat yang lebih tinggi Nasional.

"Selain itu dapat menggali potensi, minat dan bakat, menuju generasi muda Kendal yang Qur'ani yang unggul, cerdas, agamis dan ber-akhlakul karimah. Mudah-mudahan rangkaian kegiatan Hari Santri 2023 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses," imbuh Dico.

Baca juga: Belum Banyak Orang Tahu! Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria

Ketua Panitia HSN 2023 Kabupaten Kendal, Sugiono menjelaskan, tema peringatan Hari Santri Tahun 2023 adalah "Jihad Santri Jayakan Negeri". Yang artinya bahwa santri terus berkontribusi aktif dalam memajukan negeri.

"Adapun peserta meliputi santri dari seluruh pondok pesantren di Kabupaten Kendal, utusan dari Kementerian Agama Kabupaten Kendal, paguyuban Pencak Silat di Kabupaten Kendal," terang Sekda Kendal. (Anik)