Helo Indonesia

UMKM Center Kecamatan Weleri, Aksi Perubahan UMKM dari Jadul ke Unggul

Senin, 9 Oktober 2023 19:39
    Bagikan  
UMKM Center Kecamatan Weleri, Aksi Perubahan UMKM dari Jadul ke Unggul

Peluncuran UMKM Center Kecamatan Weleri oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari, Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro, Lytria Wandwiasti dan Camat Weleri, Dwi Cahyono Suryo. Foto: Anik

KENDAL,  HELOINDONESIA.COM - UMKM Center Kecamatan Weleri yang digagas Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro pada Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Kendal, Lytria Wandwiasti, sebagai aksi perubahan UMKM Jadul menjadi Unggul, di-launching Senin 9 Oktober 2023.

UMKM Center Kecamatan Weleri yang menempati sudut ruang pelayanan diresmikan oleh Asisten Administrasi Umum Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari didampingi Camat Weleri, Dwi Cahyono Suryo, ditandai dengan pemotongan pita.

Baca juga: Mampir ke Semarang! Wajib Coba Kuliner Legendaris Gudeg Koyor Mbak Tum

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro, Lytria Wandwiasti mengatakan, selain di Kecamatan Weleri, juga dilaunching UMKM Center Kecamatan Kaliwungu. Dengan tujuan untuk menciptakan UMKM di Kabupaten Kendal naik kelas.

"Aksi perubahan dalam diklat pim saya ini adalah ingin memajukan UMKM Kabupaten Kendal agar naik kelas. Dimana UMKM ada tempat mempromosikan produm di kecamatan masing-masing. Targetnya ada lima yang akan dibangun UMKM center," kata Lytria Wandwiasti.

Selain itu untuk meningkatkan pemasaran UMKM secara digitalisasi, pihaknya juga menggandeng Grab, Shopee dan Kantor Pos.

"Kami juga selalu melakukan mendampingi pelaku UMKM agar produknya naik kelas. Harapannya melalui aksi perubahan ini dapat terus berjalan, dan bisa meningkatkan produk-produk UMKM baik packaging maupun pemasaran melalui digitalisasi," paparnya.

Tempat Diskusi

Asisten Administrasi Umum Kabupaten Kendal, Agus Dwi Lestari berharap, selain dijadikan tempat untuk mempromosikan dan menjual produk, UMKM Center dapat digunakan sebagai tempat berdiskusi bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan pengetahuan terutama dalam pemasaran.

Baca juga: Sukses Sabet Emas Asian Games 2023, Amellya Disambut Pj Bupati Temanggung

"Jadi tempat ini bukan hanya untuk memasarkan, tetapi bagaimana tempat ini bisa dijadikan tempat saling berdiskusi, bagaimana pengembangan, promosi dan memasarkan produk mereka. Nanti jangan sampai pelaku UMKM yang sudah kita bina itu tidak tau bagaimana memasarkan atau menjualnya," beber Agus Dwi Lestari.

Ia berharap, aksi perubahan ini menjadi upaya dari Disdagkop UKM dalam membina, mendampingi dan memajukan UMKM di Kabupaten Kendal.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Kendal, Angga Nur Wigantara berharap, pelaku UMKM di Kabupaten Kendal dapat memasarkan produknya melalui digitalisasi. Karena PT Pos Indonesia telah menyiapkan program-programnya dalam mendukung pelaku UMKM.

"Kami mendukung penuh untuk pengiriman barang kita siapkan pick up secara gratis dan pembayaran secara cashless juga. Yang harapannya dapat mambantu meningkatkan UMKM khususnya di Kecamatan Weleri agar naik kelas," tandas Kepala Kantor Pos Kendal.

Sementara, Camat Weleri, Dwi Cahyono Suryo menambahkan, UMKM Center tersebut diyakini dapat membuat UMKM di Kecamatan Weleri naik kelas.

"Disini kan banyak pengunjung setiap harinya, jadi bisa sebagai tempat promosi. Selain itu kita juga sosialisasikan kepada kades, kalau desa punya produk UMKM bisa ditampilkan disini," pungkasnya. (Anik)