Helo Indonesia

Unisbank Gelar Youth Camp Entrepreneurship Class untuk Asah Kewirausahaan Generasi Digital

Sabtu, 7 Oktober 2023 12:03
    Bagikan  
Unisbank Gelar Youth Camp Entrepreneurship Class untuk Asah Kewirausahaan Generasi Digital

Unisbank menggelar entrepreneurship class untuk kembangkan kreativitas anak muda. Foto: ist

HELOINDONESIA.COM - Youth Camp berkolaborasi dengan Divisi Pengembangan Bisnis & Kewirausahaan (DPBK) Unisbank menggelar Entrepreneurship Class dengan tajuk “Kunci Sukses Berwirausaha untuk Generasi Digital”.

Kegiatan dibuka oleh Rektor Unisbank, Dr Edy Winarno ST MEng, pada Jumat (6/10) dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) di Gedung Vokasi Lantai 3 Kampus Kendeng, Semarang, dan disiarkan langsung oleh UnisbankTV.

Baca juga: Tampan, Populer, Kaya! Berikut Deretan Aktor Korea yang Sukses Dirikan Perusahaan


Rektor mengungkapkan, sejalan dengan tagline Unisbank, yaitu Digital Youth Entrepreneurial University, pihaknya telah mengembangkan Youth Camp sebagai tempat untuk pengembangan kreativitas anak muda, baik mahasiswa maupun masyarakat yang tertarik untuk belajar. Tidak hanya belajar kompetensi yang dipelajari di kampus tetapi juga belajar hal yang lain.

''Youth Camp telah menyelenggarakan berbagai kelas seperti public speaking, personal branding, manajemen keuangan, k-pop dance, make up, vocal, bisnis kuliner, hampers dan masih banyak lagi,'' kata Edy WInarno.

Banyak mentor-mentor praktisi dan dosen yang telah berbagi pengalamannya, bahkan ada juga mentor mahasiswa berprestasi yang turut meramaikan kelas Youth Camp.

Rektor berharap, mahasiswa dapat kuliah sambil belajar berwirausaha, ilmu dari narasumber Entrepreneurship Class bisa diserap untuk belajar berbisnis. Disamping itu, mentor-mentor dari DPBK Universitas Stikubank juga akan membantu dan mendampingi mahasiswa, sehingga saat wisuda nanti bisa mendapatkan penghargaan Wiramuda Unisbank.

Berkolaborasi
Menurut Kepala DPBK Unisbank, Dwi Budi Santoso, MKom, pihaknya berkolaborasi dengan Youth Camp untuk menyelenggarakan kelas kewirausahaan ini. Kegiatan ini diintegrasikan dengan mata kuliah Character of Entrepreneur.

Baca juga: Pemprov Jateng Terima Hadiah Insentif Rp5,97 Miliar Atas Kinerja Baik Turunkan Stunting

Untuk menjembatani dunia pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri, lanjut dia, mahasiswa perlu diberikan pengalaman dari pelaku usaha. Kehadiran para praktisi diharapkan akan menumbuhkan jiwa dan semangat kewirausahaan mahasiswa.

Unisbank telah menetapkan mata kuliah kewirausahaan yang akan menumbuhkan dan membekali mahasiswa untuk siap berwirausaha, salah satunya adalah Character of Entrepreneur. Pelaksanaan perkuliahan ini dikelola oleh Divisi Pengembangan Bisnis & Kewirausahaan (DPBK) Unisbank.

Menurutnya, salah satu capaian yang diinginkan dalam mata kuliah kewirausahaan adalah terciptanya wiramuda yang siap terjun dan memiliki kemampuan dalam mengelola bisnis. Pada saat wisuda, Unisbank akan memberikan penghargaan Wiramuda Unisbank kepada mahasiswa yang berhasil membangun bisnisnya sendiri.

Baca juga: Kisah Mbah Saji, Perempuan Sehat Usia 90 Tahun karena Terbiasa Konsumsi Makanan Pendamping Beras

Narasumber pada Entrepreneur Class kali ini adalah Alvi Wijaya, Founder Lakone Official yang bergerak dibidang wedding organizer. Alvi juga seorang ASN di Kemenkeu. Dalam kesehariannya, dia telah banyak melatih calon-calon event organizer di Kemenkeu sekaligus melakukan couching kepada peserta pelatihan.

Alvi mengajak peserta untuk menjadi wirausaha karena kita yang mau, karena anak muda masa kini tidak bisa dipaksa.
''Gen Z memiliki independen yang kuat dibanding generasi sebelumnya. Kebebasan menentukan pilihan adalah masa depan,'' tandas Alvi.
Cara awal memulainya adalah dengan menetapkan tujuan sedetil mungkin. Dia juga berbagi pengalamannya dalam memulai bisnis Lakone pada tahun 2009. Dia tidak punya modal untuk menjadi wedding organizer, hanya memiliki skill. 

Peserta sangat antusias mengikuti Entreprenurship Class ini, banyak peserta yang melontarkan pertanyaan, menambah suasana kelas lebih hidup. Diskusi santai mengalir hingga akhir acara. Kegiatan ini masih akan berlanjut dengan menghadirkan praktisi-praktisi yang sukses karena passionnya di bulan Oktober ini. (Aji)