Helo Indonesia

ASN di Kabupaten Tubaba Ikuti Seleksi Perebutkan Hadiah Umroh

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 4 Oktober 2023 20:10
    Bagikan  
ASN di Kabupaten Tubaba Ikuti Seleksi Perebutkan Hadiah Umroh

Saat rapat sedang berlangsung (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sejumlah 51 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mengikuti seleksi untuk bersaing memperebutkan hadiah umroh yang diberikan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Untuk memilih para ASN yang layak mendapatkan hadiah umroh tersebut, Pemkab bersama Baznas mengadakan seleksi tertulis dan wawancara, dengan melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tubaba selama dua hari, terhitung sejak 3 - 4 Oktober 2023.

"Seleksi dilaksanakan di ruang rapat Bupati Tubaba, untuk hasil seleksi akan diumumkan pada pekan depan setelah terlebih dahulu kita laporkan kepada Sekretaris Daerah dan Pj.Bupati," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Nurkholis Majid, kepada media, Rabu (04/10/2023)

Baca juga: Nyaleg Lewat Demokrat Lalu PKB, Ini Posisi Zam Zanariah Sebagai ASN RSUDAM

Menurutnya, Pemkab Tubaba bersama Baznas menyiapkan empat kuota umroh kepada ASN, yang terdiri dari pejabat eselon dua, eselon tiga, staf fungsional, dan guru.

"Jadi masing-masing golongan akan dipilih satu orang yang berkesempatan mendapatkan hadiah umroh. Persaingan ini bukan hanya soal pengetahuan saja, tetapi juga soal banyaknya Infaq, Shodaqoh dan Zakat para ASN," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Tubaba, H.Purwanto, menjelaskan, bahwa program umroh gratis itu merupakan upaya meningkatkan semangat ASN untuk berzakat, berinfaq, dan bershodaqoh.

Baca juga: Di Lapas, Prof. Heryandi Keluar-Masuk Rumah Sakit Akibat Jantung

"Pemberian reward dilakukan agar ASN di lingkup Pemkab setempat semakin giat untuk menabung pahala melalui Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) di Baznas," tuturnya.

Purwanto juga menjelaskan, anggaran pembiayaan umroh tersebut berasal dari uang Infaq dan Shodaqoh ASN itu sendiri yang selama ini telah berjalan.

“Jadi ASN berinfaq dan shodaqoh, manfaatnya dirasakan kembali oleh ASN. Dan Alhamdulillah program ini sangat berpengaruh. Terbukti, mulai dari awal Maret hingga Oktober 2023, kenaikan pembayaran Zakat meningkat hingga 80 persen," imbuhnya. (Rohman)