Helo Indonesia

USM Jalin Kerja Sama dengan PT KAI terkait Terkait Reduksi Tarif Tiket

Rabu, 4 Oktober 2023 06:49
    Bagikan  
USM Jalin Kerja Sama dengan PT KAI terkait Terkait Reduksi Tarif Tiket

Wakil Rektor III USM Muhammad Junaidi

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Universitas Semarang (USM) menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait reduksi atau potongan tarif tiket bagi dosen, tenaga pendidik (tendik) dan alumni USM, baru-baru ini.

Menurut Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, pemotongan harga tersebut berjumlah 10 persen dari harga awal tiket.

Baca juga: Hadapi Industri 4.0, Prof Dharto Minta Wisudawan USM Berpikir Kritis dan Kreatif

"Bagi dosen, tendik, maupun alumni USM harus melakukan registrasi pencatatan hak reduksi di customer service (CS) stasiun, dengan melampirkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu bukti diri sebagai dosen, tendik dan alumni USM," katanya.

Dia mengatakan, setelah registrasi, pemotongan harga (reduksi tiket) hanya dapat dilakukan melalui aplikasi "KAI Acces" dan tidak bisa diberikan lewat pembelian di loket stasiun.

"Jika proses itu berhasil, maka pilihan diskon tarif secara otomatis akan tersedia dan dapat digunakan saat pembelian tiket kereta api antar kota," ujarnya.

"Potongan harga ini hanya berlaku secara pribadi dan tidak berlaku untuk keluarga dosen, tendik dan alumni. Pada kereta api yang sama, satu penumpang hanya berhak atas tiket dengan potongan harga sebesar 10%," ungkapnya.

Baca juga: Anggota DPRD Kota Semarang Puji Kerja Cekatan Mbak Ita dalam Penanganan Banjir

Dia berharap, kerja sama ini akan mempermudah civitas akademika USM serta memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi kedua belah pihak.

"Dengan adanya diskon harga tiket PT KAI, civitas akademika USM akan dapat melakukan perjalanan dengan biaya yang lebih terjangkau. Ini adalah contoh nyata bagaimana USM dapat memberikan manfaat langsung kepada mahasiswa, dosen, tendik dan alumni," pungkasnya. (Aji)