Helo Indonesia

Anggota DPRD Kota Semarang Puji Kerja Cekatan Mbak Ita dalam Penanganan Banjir

Rabu, 4 Oktober 2023 06:29
    Bagikan  
Anggota DPRD Kota Semarang Puji Kerja Cekatan Mbak Ita dalam Penanganan Banjir

Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono.

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono mengapresiasi Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang sat-set dalam bekerja.

Apresiasi tersebut terutama diberikan mengingat sudah berjalannya program revitalisasi sungai dan saluran air.

Menurut Suharsono, perempuan yang akrab disapa Mbak Ita tersebut cekatan mengantisipasi banjir. Jauh sebelum prediksi hujan tiba, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang di bawah kepemimpinannya, telah melakukan upaya-upaya pengendalian banjir.

Baca juga: Hadapi Industri 4.0, Prof Dharto Minta Wisudawan USM Berpikir Kritis dan Kreatif

"Kami mengapresiasi upaya Pemkot Semarang dalam mempersiapkan penanggulangan banjir yang sifatnya besar misalnya, normalisasi Banjir Kanal Barat (BKB) dan Banjir Kanal Timur (BKT). Itu sangat berpengaruh signifikan dalam penanganan wilayah banjir," kata Suharsono di Semarang, Selasa 3 Oktober 2023.

Tak hanya BKB dan BKT, Suharsono juga menyebut proyek revitalisasi saluran air di pusat kota dan pinggiran berjalan masif selama Mbak Ita menahkodai Kota Semarang.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menilai, gebrakan Mbak Ita dalam menangani banjir perlu didorong dan didukung secara maksimal.

"Kebetulan di barat dan timur itu kan sudah dirasakan, kemudian juga melakukan revitalisasi saluran-saluran yang ada, sebagai bagian dari upaya agar seluruh jaringan drainase di Kota Semarang dipastikan berfungsi baik," katanya.

Baca juga: Susuri Jalan Braga Bandung, Ganjar Sapa Komunitas dan Seniman Lukis Jalanan

Sedikitnya ada delapan saluran air yang kini dalam proses revitalisasi. Di antaranya, Saluran Klipang, Saluran Kedungmundu, Saluran Tentara Pelajar, Saluran Erlangga, Saluran Pemuda-Imam Bonjol, Saluran Depok, dan Saluran Jatisari. Saluran Tlogosari Wetan telah rampung, dan lainnya akan selesai awal bulan depan.

"Terutama Jalan Depok menuju Pemuda sampai Imam Bonjol itu, saya kira upaya yang tepat karena selama ini salurannya tersedia, tetapi sendimentasinya tinggi," katanya.

Pompa Portabel

Dia juga mengungkapkan bila pada anggaran perubahan tahun ini, ada daftar pembelian pompa portabel.
Berdasar pengalaman, perlengkapan itu dibutuhkan untuk ditempatkan di wilayah tertentu.

"Pada tahun ini, masuk anggaran perubahan 2023 ada penambahan pompa portabel yang memang kami setujui supaya mengantisipasi titik-titik banjir," ujarnya.

Berdasarkan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD Kota Semarang, pengurangan wilayah banjir dari tahun ke tahun mengalami penurunan signifikan.

Baca juga: Puluhan Ribu Rokok Ilegal Disita dalam Operasi Gabungan di Kendal

"Memang setiap lima tahun kami menyusun RPJMD dan ada salah satu target pengurangan banjir. Misalnya titiknya dari 40 sekarang jadi 10, genangan lama sampai seminggu sekarang tiga hari sudah bisa hilang, tingga 1,5 meter jadi 50 sentimeter," tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengawal proses perawatan saluran air yang ada di seluruh wilayah Kota Semarang. "Kami berharap, ada anggaran yang cukup sehingga memastikan harus terlaksana secara simultan," imbuhnya. (Aji)