Helo Indonesia

Puluhan Ribu Rokok Ilegal Disita dalam Operasi Gabungan di Kendal

Rabu, 4 Oktober 2023 05:47
    Bagikan  
Puluhan Ribu Rokok Ilegal Disita dalam Operasi Gabungan di Kendal

Hasil operasi bersama pemberantasan rokok ilegal di Kecamatan Cepiring. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Puluhan ribu batang rokok ilegal telah disita dan diamankan dalam operasi gabungan yang dilakukan Bea Cukai, TNI-Polri, Kejaksaan, Dinas Perdagangan, bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kendal beberapa bulan terakhir.

Hal ini diungkapkan, Seto Aryono selaku Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kendal, di ruang kerjanya, Selasa 3 Oktober 2023. Puluhan ribu batang rokok ilegal tersebut berhasil disita dari berbagai wilayah di Kabupaten Kendal.

"Diantaranya kita temukan di Kecamatan Cepiring dan Rowosari. Di Cepiring dari dua target hanya satu yang berhasil kita temukan. Kalau di Rowosari, dari sekian target ada dua yang berhasil kita peroleh," ungkap Seto Aryono.

Seto menyampaikan, dari hasil operasi bersama tanggal 29 Agustus 2023, di Kecamatan Cepiring ditemukan sebanyak 9.532 batang rokok ilegal. Sementara, di Kecamatan Rowosari kita temukan sebanyak 3.628 batang rokok ilegal.

Rugikan Negara

"Tanggal 20 September 2023 kita juga melakukan operasi gabungan di wilayah Kecamatan Kaliwungu, namun hasilnya nihil. Dimana pada saat kegiatan pengumpulan informasi, penjual yang sebelumnya kedapatan menjual rokok ilegal, pada saat operasi bersama hanya menjual rokok-rokok yang bercukai, meskipun ada rokok yang dijual dengan harga Rp 6 ribu - Rp 8 ribu," terangnya.

Ia menegaskan, keberhasilan dalam kegiatan operasi bersama pemberantasan rokok ilegal adalah jika di sebuah wilayah tidak didapati adanya peredaran rokok ilegal yang dapat merugikan negara.

"Karena sanksinya berat, akhirnya seperti yang di Kaliwungu itu pelakunya jera. Jadi keberhasilan kita tidak hanya saat kita dapat seberapa banyak rokok ilegal. Tetapi manakala daerah kita sudah tidak ada rokok ilegal itu justru keberhasilan," tegas Seto. (Anik)