Helo Indonesia

Nitrogen Memiliki 5 Manfaat Bagi Kendaraan Dibanding Angin Biasa

Drajat Kurniawan - Teknologi -> Otomotif
Kamis, 13 Juli 2023 23:22
    Bagikan  
Pengisian Nitrogen di Pom bensin Pertamina
Foto : Tangkapan Layar

Pengisian Nitrogen di Pom bensin Pertamina - (Facebook)

HELOINDONESIA.COM - Nitrogen memiliki lebih banyak manfaat bagi ban kendaraan daripada angin. Sebab, nitrogen merupakan zat kimia berbentuk gas yang sulit untuk bereaksi dengan senyawa lainnya.

Bagi Anda yang memiliki kendaraan, nitrogen memiliki sejumlah manfaat bagi ban kendaraan.

Anda pasti penasaran manfaatnya apa saja. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat nitrogen bagi ban.

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (13/7/2023), berikut manfaat nitrogen untuk ban kendaraan:

Ban Lebih Tahan Lama

Manfaat nitrogen akan membuat ban kendaraan menjadi lebih awet. Tekanan yang lebih stabil membuat pergerakan ban lebih terkendali. 

Baca juga: Bali akan Berlakukan Pajak Turis Rp150 Ribu Mulai 2024 untuk Melestarikan Budaya

Penggunaan nitrogen juga menghemat pengeluaran karena ban tidak mudah kempis dan sobek. Anda tidak perlu menbawa kendaraan ke bengkel untuk menambalnya atau mengisi ulang angin.

Tekanan Ban Lebih Stabil

Nitrogen dapat membuat tekanan ban lebih stabil karena sifatnya juga stabil, tidak mudah terkontaminasi, dan tidak bereaksi dengan zat lain.

Sementara jika menggunakan angin biasa, banyak keluhan karerna membuat tekanan ban seringkali berubah-ubah, sehingga mudah kempis atau menyebabkan ban cepat habis.

Baca juga: Setubuhi Gadis di Bawah Umur, Empat Kakek Diringkus Polres Purbalingga

Handling Lebih Optimal

Penggunaan nitrogen membuat handling lebih optimal. Tekanan yang stabil juga menyebabkan grip atau daya cengkeram ban terhadap aspal menjadi lebih optimal sehingga aman untuk melaju.

Tekanan ban yang stabil menyebabkan ukuran dan bentuk ban lebih terjaga. Hak itu juga sudah diakui oleh para pembalap profesional.

Bobot Ban Lebih Ringan

Sudah disebutkan diatas, penggunaan nitrogen tidak akan menguap dan mengembun walaupoun suhu udara panas. Diketahui nitrogen merupakan unsur yang tidak memiliki kandungan air di dalamnya sehingga tidak terjadi penguapan.

Baca juga: Tidak Diberi Uang Keamanan, Gentho Nekat Tusuk Operator Pasar Malam

Tanpa adanya embun, maka berdampam ban lebih ringan dan nyaman untuk berkendara. Dengan bobot ban yang lebih ringan berefek pada kendaraan mampu menghemat bahan bakar.

Tidak Menimbulkan Korosi

Penggunaan angin biasa menimbulkan embun yang dapat menyebabkn korosi pada velg.

Namun dengan nitrogen yang tidak mampu bereaksi dengan zat lain dan tidak menimbulkan embun, maka kendaraan akan terhindar dari korosi

Tags
mobil