Helo Indonesia

Awas, Ini Dampak Malas Mengganti Oli Secara Berkala

Drajat Kurniawan - Teknologi -> Otomotif
Minggu, 4 Juni 2023 00:03
    Bagikan  
Mengganti oli
Foto : Ist

Mengganti oli - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Tidak sedikit pengendara motor kurang menghiraukan pergantian oli secara berkala. Bagi mereka, mengisi bensin menjadi hal utama lantaran kurang bensin menjadi faktor utama motor mogok.

Padahal, mengganti oli merupakan salah satu upaya menjaga keawetan mesin motor. Telat atau tidak ganti oli sama saja membiarkan mesin motor rusak. Alhasil harus mengeluarkan dana besar untuk perbaikan.

Berikut efek buruk tidak rutin mengganti oli mesin

Konsumsi BBM lebih boros

Anggapan motor irit, namun Anda jarang ganti oli bisa saja sirna. Sebab, motor bisa menjadi boros bahan bakar karena sering telat ganti oli mesin.

Baca juga: Media Asing Sebut Hubungan Megawati dan Jokowi Memburuk Dipicu Soal Capres-Cawapres

Hal ini karena saat oli mesin yang volumenya sudsh berkurang dipakai terus-menerus maka gesekan antar komponen mesin makin keras dan kasar. Akibatnya, performa mesin jadi lebih berat dan kondisi ini membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar.

Merusak komponen mesin

Jika tidak mengganti oli secara berkala atau telat ganti oli maka berdampak akan menimbulkan kerusakan pada komponen di dalam mesin. Sebabnya, karena kekentalan oli sudah menurun sehingga kualitas pelumasan menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan gesekan antar sesama komponen.

Kerusakan pada komponen vital di dalam mesin juga akan membuat kita mengeluarkan biaya lebih banyak saat perbaikan.

Kenyamanan berkurang

Telat ganti oli akan menimbulkan getaran pada mesin sehingga menurunkan kenyamanan berkendara. Perlu diucatat, fungsi oli bukan cuma melumasi mesin, namun juga membantu mendinginkan mesin. Jika oli berkurang maka fungsi pendinginan mesin dari oli berkurang maksimal. Ini yang menyebabkan panas berlebih yang muncul dari mesin.

Baca juga: Pamer Nonton Formula E Tapi Tak Diundang, Anies Dinyinyirin Netizen : Wariskan Even Bebani APBD 5 tahun, Itu Bukan Kebanggaan

Harga jual turun

Terakhir, yaitu motor akan mengalami penurunan harga jual kembali. Kenapa demikian? Sebab, calon pembeli pasti akan melihat kondisi mesin motor. Ingat, rutin ganti oli bisa memnbuat usia pakai mesin akan jauh lebih lama dibandingkan mesin yang olinya tidak pernah diganti atau sering terlambat diganti.