Helo Indonesia

Penting, Tekanan Angin Ban Mobil Harus Rutin Diperiksa, Ini Alasannya

Drajat Kurniawan - Teknologi -> Otomotif
Sabtu, 3 Juni 2023 00:25
    Bagikan  
Pengecekan Tekanan Angin
Foto : Ist

Pengecekan Tekanan Angin - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Perawatan mobil tidak hanya sebatas perawatan kabin saja, namun juga secara menyeluruh termasuk pengecekan tekanan angin perlu dilakukan. 

Banyak pengendara kurang peduli bahkan cenderung menyepelekan terkait tekanan angin pada ban. Padahal tekanan angin sangat penting terutama untuk menjaga keselamatan pengendara.

Sebab jika tekanan angin pada ban tidak ideal menyebabkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Bahkan bisa terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan.

Baca juga: Kulit Terbakar Usai Liburan di Pantai? Obat-obatan Ini Efektif Mengatasinya

Berikut 5 alasan penting tekanan angin ban mobil harus selalu diperiksa.

Menjaga Ban Tidak Mudah Rusak

Pengisian angin harus dilakukan sesuai rekomendasi agar menjaga ban mobil tetap awet. 

Tekanan angin yang terlalu rendah mengakibatkan ban bergesekan begitu kuat menyebabkan ulitnya cepat aus. Sedangkan tekanan angin terlalu tinggi bisa mengakibatkan ledakan dan benjolan pada ban.

Menghemat Bahan bakar

Menjaga tekanan angin sesuai rekomendasi penting dan berpengaruh pada pengeluaran bahan bakar. 

Ban yang tekanan anginnya sudah pas dan sesuai rekomendasi ternyata dapat menghemat bahan bakar. Jika ban memiliki tekanan angin rendah maka gesekan antara ban dan aspal akan semakin besar. Mesin mobil akan bekerja ekstra dengan bahan bakar yang lebih banyak pula.

Baca juga: Lawan Status Tersangka Jhonny G Plate, Nasdem : Kami Akan Praperadilan

Menjaga Kestabilan Mobil saat Berkendara

Pengecekan tekanan angin, perlu rutin dilakukan. Alasan utamanya yaitu untuk menjaga kestabilan mobil saat berkendara. 

Mobil dengan kekurangan tekanan angin kurang akan diketahui saat berjalan karena pengendara tidak nyaman. 

Ban yang kekurangan angin tidak akan menempel sempurna pada jalan sehingga sangat membahayakan. Sedangkan kelebihan takaran membuat ban mobil rawan meledak. Mobil menjadi kehilangan kontrol dan sulit dikendalikan.

Menjaga Kenyamanan Penumpang

Tekanan angi menjaga kenyamanan penumpang ketika berkendara. Pengemudi dapat mengendalikan mobil dengan stabil tanpa kendala. Selain itu daya cengkram ban ke aspal juga lebih maksimal apalagi ketika pengereman.

Baca juga: Lawan Status Tersangka Jhonny G Plate, Nasdem : Kami Akan Praperadilan

Umumnya tekanan ban yang pas sekitar 28 Psi hingga 33 Psi. Untuk mobil berkapasitas 7 penumpang sekitar 30 Psi sampai 32 Psi. Kembali lagi, sesuaikan dengan tipe dan jenis mobil yang digunakan.

Antisipasi Insiden Kecelakan

Tekanan angin yang pas pada setiap ban berguna mengantisipasi insiden yang tidak diinginkan. Sebab tekanan angin yang tidak pas pada setiap ban mobil dapat membuat mobil tergelincir karena tidak stabil.