Helo Indonesia

Minim Risiko Cedera, Berikut Manfaat Olahraga Aqua Jogging Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Syahroni - Olahraga
Minggu, 20 Agustus 2023 08:01
    Bagikan  
Aqua jogging.
Tangkapan layar Youtube

Aqua jogging. - Manfaat olahraga aqua jogging untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Berlari adalah salah satu aktivitas paling populer di hampir seluruh negara di dunia. Namun demikian, olahraga ini juga merupakan aktivitas berdampak tinggi yang dapat menyebabkan cedera umum pada tubuh bagian bawah.

Pun demikian, risiko ini tidak boleh menghilangkan manfaat yang didapat dari lari secara teratur. Bagi Anda yang khawatir cedera, aqua joging bisa jadi solusinya.

Aqua jogging adalah kegiatan olahraga lari di dalam air. Campuran antara olahraga lari dan berenang ini dapat membantu mempertahankan kebugaran jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler).

Karena dilakukan di dalam air, risiko cederanya juga lebih minim daripada lari di darat. Pasalnya, aqua jogging membuatmu terhindar dari benturan dengan permukaan keras, seperti aspal atau beton.

Baca juga: Tak Perlu Banyak Alat, Berikut Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan dalam Ruangan

Kamu bisa melakukan olahraga juga yang disebut aqua jogging ini dengan berlari keliling dalam kolam renang, atau lari di tempat dalam kolam dengan memakai pelampung khusus. Terdapat berbagai manfaat kesehatan dari salah satu jenis olahraga air ini.

1. Menguatkan otot

Aqua jogging dapat menjadi latihan yang intens untuk membantu menguatkan otot. Sebab, menggerakkan tubuh dalam air cenderung lebih lambat dan lebih sulit.

Setiap gerakan otot di dalam air pun menghadapi hambatan yang lebih besar, jadi otot bekerja lebih keras dan meningkatkan kekuatannya.

2. Minim tekanan pada sendi-sendi

Aqua jogging secara signifikan mengurangi tekanan pada sendi, termasuk di area pinggul atau lutut, yang dapat terasa nyeri saat berlari di darat.

Daya apung air juga dapat mengurangi beban hingga hanya 10% dari berat seluruh tubuh, jadi tidak akan membebani sendi. Berkurangnya tekanan pada persendian dapat membantu mengurangi risiko cedera olahraga.

Baca juga: Tak hanya Membuat Sehat Raga, Beberapa Jenis Olahraga Berikut Ini Juga Bisa Bikin Bahagia

3. Mengurangi risiko penyakit kronis

Melakukan latihan aerobik, termasuk aqua jogging, selama 2-3 jam per minggu dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis, seperti diabetes atau penyakit jantung.

Selama latihan aerobik, pernapasan dan detak jantung meningkat. Latihan ini membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sistem peredaran darah.

4. Menyehatkan jantung

Manfaat aqua jogging berikutnya adalah menyehatkan jantung, dan membantunya memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien.

Latihan kardiovaskuler ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, serta menjaga pembuluh darah tetap bersih dengan meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Baca juga: Tak Hanya Asma, Berikut Manfaat Renang untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran Anda

5. Meringankan gejala radang sendi

Seperti telah disebutkan sebelumnya, jogging air memungkinkan kamu melakukan latihan kardio tanpa memberi tekanan pada persendian.

Meski tidak dapat menghilangkan gejala radang sendi, olahraga ini bisa meningkatkan penggunaan sendi yang terpengaruh dan meringankan rasa sakitnya.

6. Membantu menurunkan berat badan

Melakukan water jogging dapat membantu membakar kalori dan lemak, yang bermanfaat untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan. Namun, hal ini tentu perlu dibarengi dengan pola makan yang tepat sehingga hasilnya lebih optimal.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Olahraga secara teratur, termasuk lari di dalam air, dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Aktivitas fisik ini mampu melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik, serta meningkatkan kepercayaan diri.