Helo Indonesia

Gantikan Roberto Mancini, Luciano Spalletti Resmi Jabat Pelatih Timnas Italia

Drajat Kurniawan - Olahraga
Sabtu, 19 Agustus 2023 15:01
    Bagikan  
Luciano Spalletti
Foto : Ist

Luciano Spalletti - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Mantan pelatih Napoli, Luciano Spalletti, resmi diangkat sebagai pelatih tim nasional Italia menggantikan Roberto Mancini. Pergantian arsitek Timnas Italia tersebut diumumkan langsung oleh Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) pada Sabtu (19/8/2023).

"Tim nasional membutuhkan pelatih hebat dan saya sangat senang dia menerimanya,” kata Presiden FIGC Gabriele Gravina di laman resmi federasi.

Spalletti akan mulai bekerja untuk tim berjuluk Gli Azzurri mulai 1 September mendatang.

“Antusiasme dan keahliannya (Spalletti) akan menjadi dasar untuk tantangan yang menanti Italia dalam beberapa bulan mendatang,” ungkap Gravina.

Baca juga: Sekali Bobol Rumah, 3 Motor Raib di Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu

Pengangkatan Spalletti sebagai pelatih tim nasional Italia menandai babak baru bagi Gli Azzurri. Para Tifosi (julukan fans tim Italia) berharap pengalaman dan kepemimpinannya dapat membawa tim ke puncak sukses di kompetisi internasional.

Diketahui Spalletti, sebelumnya memutuskan mengundurkan diri dari Napoli setelah membawa tim kota Naples tersebut menjuarai gelar Serie A musim 2022/2023, yang telah dinantikan klub selama 33 tahun. 

Pelatih berusia 64 tahun mundur sebagai pelatih dari Napoli, lantaran dia memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia sepak bola selama satu tahun.

Baca juga: Akibat Tabung Gas Bocor, Warga Ngunut Terbakar, Terinfeksi Hingga Dioperasi Lima Kali dan Berujung Kematian

Namun Spalletti kembali ke dunia yang telah digelutinya sejak lam tersebut setelah adanya permintaan untuk menangani Timnas Italia. Spalletti memutuskan untuk kembali mengambil peran sebagai pelatih.

Kini, Spalletti mempunyai tugas yang cukup berat yaitu membawa Italia mampu mempertahankan gelar juara Eropa yang akan berlangsung di Jerman setahun mendatang. Saat ini, Italia tengah menjalani kualifikasi Euro. Di grup, tim favorit tersebut tenhah terseok-seok lantaran hanya mengemas tiga poin hasil dari satu kali menang dan satu kali kalah. Italia berada di peringkat ketiga klasemen sementara.

Sementara itu, Mancini resmi mengundurkan diri pada 13 Agustus lalu karena alasan pribadi. Namun legenda sepakbola Italia itu, mampu mengantar Itali menjadi juara pada gelaran Euro 2020. Namun, Mancini gagal membawa Italia untuk lolos ke Piala dunia 2022 Qatar.

Tags
Italia