Helo Indonesia

Kota Semarang Juara Umum Porprov Jateng, Arnaz: Berkat Program Semarang Emas

Ajie - Olahraga
Sabtu, 12 Agustus 2023 09:02
    Bagikan  
Kota Semarang Juara Umum Porprov Jateng, Arnaz: Berkat Program Semarang Emas

Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Andrarasmara saat mendampingi Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu di cabang gateball, dan Ketua Umum KONI Pati Mustamaji ketika menyerahkan medali di cabang tinju Porprov

PATI, HELOINDONESIA.COM - Kontingen Kota Semarang menunjukkan supremasinya pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI 2023 di Pati Raya dengan menjadi juara umum.

Kota Semarang menempati posisi teratas klasemen akhir Porprov dengan mengumpulkan 186 emas, 138 perak, dan 137 perunggu. Urutan kedua ditempati Grobogan dengan 100 emas, 80 perak dan 77 perunggu, disusul Kota Surakarta dengan capaian 78 emas, 72 perak, dan 98 perunggu.

Baca juga: Gelar Juara Bola Tangan Putra dan Putri Porprov Dipegang Kota Semarang

Pencapaian Kota Semarang disebut melampaui target yang dicanangkan yakni 150 keping emas.

mustamaji

Ketua Umum KONI Kota Semarang Arnaz Andrarasmara pun terus memanjatkan rasa syukurnya atas keberhasilan kontingennya.
"Alhamdulillah. Puji syukur atas kebesaran Allah SWT, bahwa perolehan medali emas sudah melampaui target yang diharapkan KONI Kota Semarang. Ini membuktikan, profesionalisme dalam organisasi melahirkan sebuah prestasi," ujar Arnaz saat diwawancarai pada Jumat 11 Agustus 2023.

Arnaz mengatakan, program Semarang Emas yang memberlakukan sistem promosi dan degradasi membuat performa sebagian atlet meningkat. Bahkan cabang olahraga yang belum pernah meraih emaa, seperti futsal, akhirnya berhasil menciptakan sejarah 'emas'.
"Tidak bisa dipungkiri ini merupakan program semarang emas yang kita jalankan selama ini akhirnya terjadilah kompetisi dalam promosi dan degradasi dalam tiap cabor," tuturnya.

Baca juga: Kota Semarang Peraih Emas Terbanyak Tinju Porprov, Pelatih Sebut Latihan Keras Jadi Kunci

Program Semarang Emas tersebut dinilai Arnaz membentuk mental petarung dan tak mau kalah bagi para atlet.
"Ini membuktikan bahwa pertarungan menjadi terbaik sudah terbentuk sejak mereka menjadi atlit di cabor masing-masing sehingga saat mereka bertarung di pertarungan Pekan Olahraga Provinsi mereka sudah siap terbiasa untuk bertarung menjadi yang terbaik," tutupnya.

Sukses Ganda

Sementara itu, ditemui pada final cabang tinju di SMKN 2 Pati, Ketua Umum KONI Pati Mustamaji juga menyatakan rasa syukurnya meskipun tuan rumah Pati hanya bertengger pada urutan keempat. Pati dalam Porprov kali ini mengemas 46 emas, 43 perak, dan 69 perunggu.

klasemen

Menurut dia, Pati meraih sukses ganda yaitu penyelenggaraan dan prestasi. Dikatakannya, momen penting yang dirasakan jajaran pengurus KONI Pati adalah suksesnya kegiatan Opening Ceremony yang memukau dan semarak.
''Di tengah keterbatasan anggaran, atlet-atlet Pati juga memperlihatkan prestasi terbaiknya. Kami membidik lima besar, dan kini berada di posisi keempat. Sebuah karunia Illahi,'' tambahnya.

Baca juga: Santri Unjuk Karya di SFT, Atikoh Ganjar Optimistis Jateng Bisa Jadi Kiblat Fashion Muslim

Mustamaji menilai, sejumlah cabang juga melebihi target. Semisal cabang panahan yang membidik satu emas, malah meraih empat keping emas. Demikian juga tarung derajat yang mengincar tiga emas, malah memborong tujuh emas. Cabang renang, atletnya meraih enam emas, padahal ditarget dua.

''Cabang tinju kami juga bersyukur bisa meraih tiga medali emas. Sebuah pencapaian yang kami kira pantas disyukuri,'' katanya. (Aji)