Helo Indonesia

Hasil Inspeksi FIFA, Empat Stadion Indonesia Ditetapkan Sebagai Venue Resmi Piala Dunia U-17

Drajat Kurniawan - Olahraga
Senin, 7 Agustus 2023 17:31
    Bagikan  
Stadion JIS
Foto : Tangkapan Layar

Stadion JIS - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir alias Etho mengumumkan secara resmi empat stadion Indonesia telah ditetapkan sebagai venue untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17 FIFA 2023.

Etho menyebutkan, pemilihan empar stadion itu didasari oleh berbagai pertimbangan, termasuk logistik dan efisiensi perjalanan tim-tim peserta.

"Keempat stadion itu yakni Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya),” ungkap dia dalam konferensi pers yang diadakan di Gelora Bung Karno, Senin (7/8/2023).

FIFA sebelumnya melakukan inspeksi untuk memastikan kesiapan stadion-stadion di Indonesia untuk dijadikan venue Piala Dunia U-17. FIFA telah melakukan inspeksi, terutama terkait kondisi rumput di keempat stadion tersebut. Usai inspeksunya, FIFA berencana kembali mengunjungi Indonesia pada 26 Agustus dengan membawa tim inspeksi yang lebih besar.

Baca juga: Rekomendasi Ponsel Flagship Spek Gaming, Harga Terjangkau di Kelasnya, HP Terakhir Tak Disangka Paling OK

Mantan presiden Inter Milan itu menegaskan komitmennya untuk melakukan persiapan menjelang pelaksanaan Piala Dunia U-17 dengan maksimal. Selain itu dia berharap kunjungan FIFA bejalan lancar.

"Kami bersinergi dengan beberapa pihak termasuk Menteri PUPR, Menteri Pemuda dan Olahraga, dan beberapa Gubernur untuk memastikan kunjungan FIFA berjalan lancar,” ujarnya.

Meski demikian dia mengungkapkan masih ada beberapa perbaikan yang perlu dilakiukan pada Stadion yang telah ditetapkan sebagai venue resmi Piala Dunia. Salah satunya yaitu Stadion JIS, m terkait akses keluar masuk. Perbaikan akses penting dilakukan mengingat stadion ini memiliki kapasitas maksimal sebanyak 82.000 penonton.

Baca juga: Laporan Polisi Soal Rocky Gerung Makin Numpuk, Mabes Polri Terima 20 LP dari Berbagai Wilayah

Dalam rincian yang disampaikan, Jakarta akan menjadi tuan rumah bagi dua grup. Sementara Bandung akan menggelar pertandingan bagi dua grup lainnya, dan Solo serta Surabaya masing-masing akan menjadi tempat bagi satu grup.

 Selain itu, rencana PSSI adalah agar Timnas U-17 Indonesia bertanding di Jakarta. Sementara pertandingan semifinal dan puncsk akan dilangsungkan di Solo.