Helo Indonesia

Pornas Korpri Jadi Ajang Memacu Atlet Gateball di Kalangan ASN

Ajie - Olahraga
Selasa, 18 Juli 2023 05:38
    Bagikan  

- Atlet Pornas Korpri sedang berlomba di cabang gateball yang berlangsung di Lapangan Tri Lomba Juang Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri XVI Jateng 2023 ini diharapkan memacu munculnya atlet di kalangan aparatur sipil negara (ASN)  termasuk cabang gateball.

Masuknya  cabang tersebut pada ajang multicabang tersebut, juga mendorong berkembangnya olahraga gateball di lingkungan instansi pemerintahan, baik pusat maupun di provinsi dan kabupaten/kota.

''Kami sangat gembira, gateball jadi salah satu cabang yang dilombakan pada Pornas Korpri tahun ini. Ini bisa memacu perkembangan gateball di kalangan pegawai pemerintah. Imbasnya, bisa berkembang juga di luar pemerintahan,'' tutur Ketua Panitia Pelaksana Pornas Korpri cabang gateball Thomas S Aden di  di Lapangan Tri Lomba Juang Semarang, Senin 17 Juli 2023.

Baca juga: Disaksikan Taj Yasin, Ganda Putri Tenis Lapangan Sumbang Emas Pertama Jateng di Pornas Korpri

Thomas mengatakan, pihaknya menggandeng PB Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) terkait teknis pelaksanaan perlombaan, seperti standar lapangan yang digunakan. Sehingga, Pornas Korpri ini juga sebagai ajang pembibitan atlet.

‘’Olahraga ini, awalnya berkembang di Kementerian PUPR. Sekarang ini sudah masuk ke beberapa instansi seperti Kemenpora,’’ tambahnya.

Pornas Korpri kali ini untuk cabor gateball diikuti sebanyak 25 kontingen termasuk tiga kementerian. Sedangkan atlet yang mengikuti ada sebanyak 281 atlet. Adapun nomor yang dilombakan yakni triple campuran, ganda campuran, beregu campuran, dan tunggal putra/putri.

Baca juga: Ganjar dan Airlangga Sepakat Tol Ruas Semarang-Demak Dipercepat

Sekjen PB Pergatsi Puja Samedhi mengatakan, pihaknya sangat senang dengan antusias peserta cabang gateball pada Pornas Korpri XVI ini, ini menunjukkan olahraga ini semakin berkembang di pegawai pemerintahan.

 ''Awalnya, kami menyiapkan empat lapangan perlombaan, melihat jumlah peserta harus ditambah menjadi enam lapangan,'' tutur Puja.

Olahraga ini, jelas dia, mulai berkembang di Indonesia pada 2011 lalu. Awalnya hanya di kalangan Kementerian PUPR. Namun, akhirnya terbentuk PB Pergatsi agar pembinaan semakin meluas tidak sebatas kementerian saja. ''Kami juga mempersiapkan diri untuk babak kualifikasi PON XXI. Ini kali pertama gateball diperlombakan pada PON,’’ pungkasnya. (Aji)