Helo Indonesia

PSSI Umumkan Indonesia Ditunjuk FIFA Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir: Layak Kita Rayakan

Winoto Anung - Olahraga
Minggu, 25 Juni 2023 10:13
    Bagikan  
Erick Thohir
@PSSI

Erick Thohir - Erick Thohir, Ketua Umum PSSI. )Foto : PSSI)

HELOINDONESIA.COM - Setelah gagal menggelar Piala Dunia U-20 beberapa waktu lalu, PSSI mengumumkan, Indonesia secara resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Resmi, Indoneia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Sudah siap membawa Garuda mendunia,” begitu disebutkan dalam akun @PSSI di Twitter, kemarin.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick THohir menyatakan bersyukur dan mengatakan kesempatan ini layak kita rayakan dan juga harus diperjuangkan.

“Kesempatan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 ini layak kita rayakan tapi juga harus diperjuangkan,” tulis Erick Thohir di Twitter dengan akun @erickthohir, 24 Juni.

Baca juga: Agar Tubuh Wangi di Acara Pernikahan Hingga Pelaminan, Boleh Dicoba Tradisi Kesehatan Minangkabau

Rencananya, Piala Dunia U-17 akan digelar pada Akhir tahun ini, sekitar November-Desember 2023. Oleh karena itu, Erick Thohir mengajak semuanya untuk segera mempersiapkan diri dari segara sisinya.

“Di sisa waktu yang tidak banyak, kita akan berusaha maksimal untuk menjadikan Indonesia sebagai negara besar yang sukses menggelar ajang internasional. Bismillah,” ujar @erickthohir.

Ketum PSSI Erick Thohir mengatakan penetapan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA U-17 World Cup 2023 (Piala Dunia U-17) disampaikan melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss, Jumat petang 23 Juni.

Dalam jadwal FIFA masih tetap mengagendakan Piala Dunia U17 (FIFA U-17 World Cup 2023) akan digelar 10 November hingga 2 Desember 2023 tahun ini.

Baca juga: Mahfud MD Buka Kontes Robot Indonesia, Berharap KRBAI Bisa Perkuat Kemaritiman

"Syukur dan Alhamdulillah karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Erick Thohir di Jakarta, Jumat malam, mengaku belum mendapat pemberitahuan secara resmi, dan ini bagu pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council, Jumat malam di Zurich Swiss.

“Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agarf menjadi tuan rumah yang baik," tambah Erick Thohir di Jakarta, Jumat malam.

Bila dicek di situs resmi FIFA tidak dijelaskan secara detil alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi pesepak bola usia muda ini.

Baca juga: Perupa Lampung Membedah Seni Rupa dari Sejarah, Sosiologi, dan Kurasi

"Saya belum tahu alasan utama penetapan ini. Mungkin saja, beberapa faktor positif yang diperlihatkan Indonesia dalam sepakbola dunia selama tiga bulan terakhir, seperti perbaikan sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA,” kata Erick Thohir.

Selain itu juga faktor  kemudian perhelatan dua FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina, juara dunia Qatar 2022, yang sukses dan menyita perhatian FIFA serta sepakbola internasional, menjadi alasannya.

“Bagaimanapun juga hal ini harus kita syukuri sebab kepercayaan FIFA kepada kita masih tinggi. Ini harus kita jaga dan buktikan," tandas Erick Thohir. (*)

(Winoto Anung)