Helo Indonesia

Hadapi Argentina, Rafael Struick Coba Andalkan Serangan Balik, STY Minta Pemain Menikmati Laga

Winoto Anung - Olahraga
Jumat, 16 Juni 2023 17:51
    Bagikan  
Timnas vs Palestina
@PSSI

Timnas vs Palestina - Aksi pemain Timnas Indonesia saat laga vs Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu 14 Juni. (Foto: Twitter / @PSSI)

HELOINDONESIA.COM - Timnas Indonesia akan menghadapi Argentina, pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama, Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin 19 Juni 2023. Coach Shin Tae-yong (STY) meminta pemain Timnas Indonesia untuk menikmati laga melawan Argentina itu.

Argentina baru saja mengalahkan Australia 2-0, pada laga FIFA Matchday di Workers Stadium, Beijing, Tiongkok, Kamis (15/6) malam WIB. Dua gol Argentina diciptakan Lionel Messi (2') dan German Pezzella (68').

Pemain naturalisasi Rafael Struick yang mendapat pujian saat TImnas menghadapi Palestina, kini dia ingin memberikan kekuatan terbaik saat laga Timnas vs Argentina, sang juara Piala Dunia 2022.

"Tidak terlalu gugup, itu stadion besar, lawan besar, mungkin sedikit, tapi itu normal," kata pemain yang bermain bersama klub ADO Den Haag tersebut.

Baca juga: Ibadah Haji ke Mekkah Tak Bawa Oleh-oleh Gak Masalah, Beli Saja di Pasar Tanah Abang

Rafael yang kini berusia 20 tahun itu tak memikirkan soal mega bintang Lionel Messi sekaligus kapten timnas Argentina, yang tidak hadir ke Indonesia.

"Kalau dibilang, pasti akan menjadi laga sulit, mereka nomor satu dunia, kami akan memberikan yang terbaik, bertarung 100 persen, dan kita akan lihat apa yang akan bisa kami dapat." kata pemain keturunan Indonesia-Belanda itu.

Kalau melihat Argentina juara dunia, Rafael Struick menduga, Timnas Indonesia akan bertahan, karena serangan kemungkinan banyak datang. Kemungkinan menggunakan serangan balik. Ia akan unjuk gigi.

“Harapannya, saya bisa bermain, the coach in the side, saya pikir kami akan bertahan di seluruh pertandingan, mungkin dengan beberapa serangan balik, saya harap bisa menunjukkan diri saya, fokus utama dalah bekerja keras, bertahan dan 100 persen," kata Rafael Struick.

Baca juga: Jokowi Sebut Kepemimpinan Seperti Tongkat Estafet, Netizen: Kok Pertumbuhan Ekonomi Mangkrak di 5 Persen

Seperti diketahui, saat ini Argentina merupakan tim peringkat satu FIFA dan juara Piala Dunia 2022. Ada pun Timnas Indonesia menempati peringkat ke-149 dunia.

Menikmati Laga

Namun, Coach Shin Tae-yong (STY) berharap perbedaan mencolok itu tidak membuat pemain Timnas Indonesia merasa inferior di hadapan Argentina.

“Ya, kita tahu, Argentina memang tim terbaik di dunia. Makanya ini dalam persiapan yang terpenting dari pemain sendiri, dari hati pemain bagaimana," kata Coach Shin Tae-yong (STY) di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis 15 Juni.

Coach Shin Tae-yong  (STY) itu menekankan pentingnya kekuatan mental ketika menghadapi tim sekelas Argentina. Ini jadi kunci supaya Timnas Indonesia setidaknya dapat memberikan perlawanan.

Baca juga: Kejadian Lucu Saat Messi Memperkuat Argentina Vs Australia di Beijing, Dua Fans Melakukan Aksi Tak Terduga

Ia berharap para pemainnya tidak merasakan ketegangan dan kegelisahan yang berlebihan ketika harus berduel langsung dengan deretan bintang-bintang terbaik dunia yang dimiliki La Albiceleste Argentina.

Sang pelatih meminta para pemain yang diturunkan untuk menikmati laga melawan Argentina itu, meski kondisi materi tak berimbang. "Saya ingin meminta pemain untuk menikmati laga tersebut supaya bisa tampil rileks," ujar coach STY.

Sementara itu, pemain naturalisasi lainnya, Shayne Pattynama, berharap bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Albiceleste Argentina.

"Saya sudah berisitarahat, saya harus beradaptasi dengan cuaca panasnya, sangat bagus, kamu tahu, tapi senang bertemu semua pemain, sangat bagus, saya senang berada di sini," kata Shayne Pattynama.

Baca juga: Resmi Jadi Pemain Real Madrid, Jude Bellingham Pakai Nomor 5 Milik Idolanya

Pemain dari klub Viking FK dan berumur 24 tahun itu mengatakan sudah tak sabar dengan atmosfer Stadion Utama Senayan yang megah dan besar, dan kemungkinan kapasitas 80 ribu fans atau penonton akan terisi penuh semua.

"Ini sangat gila dengan para fans, akan sangat bagus, saya sangat menantikan pengalaman yang indah dengan 80 ribu fans, saya tidak sabar bermain untuk negara saya, akan sangat indah," kata Shayne Pattynama. (*)

(Winoto Aung)