Helo Indonesia

Junaidi Sebut USM Bina Banyak Atlet dan Beri Beasiswa bagi yang Berprestasi

Ajie - Olahraga
Minggu, 9 Juni 2024 10:26
    Bagikan  
Junaidi Sebut USM Bina Banyak Atlet dan Beri Beasiswa bagi  yang Berprestasi

Wakil Rektor III USM Muhammad Junaidi saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Meskipun Universitas Semarang (USM) tidak memiliki Fakultas Olahraga, namun kampus ini tetap berkomitmen ikut memajukan dunia olahraga di Jawa Tengah, dan Kota   pada khususnya. Membina banyak atlet itulah ciri khas USM, selain tentu saja meningkatkan bidang akademik.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH, saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update dengan tema "Mendorong Atlet Berprestasi" yang dilaksanakan Radio USM Jaya di Studio Radio USM Jaya Gedung N USM pada Kamis 6 Juni 2024 lalu.

Baca juga: Basarnas Semarang Gelar Pelatihan SAR di Medan Gunung dan Hutan

Talkshow yang dipandu Penyiar Radio USM Jaya, Elsa Safira itu juga menghadirkan Ketua Umum KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara, dan atlet bulu tangkis yang menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Ivan Adicahyono.

Junaidi mengatakan, dalam mendidik para atlet, USM telah memiliki fasilitas yang memadai, memberikan pendidikan, serta beasiswa kepada atlet yang berprestasi. Hal tersebut menjadi bagian dari kolaborasi antara USM dengan KONI Kota Semarang.

Menurutnya, peran USM dalam mendorong maupun meningkatkan kemampuan atlet adalah dengan memberikan pembinaan secara terus menerus serta memiliki kebijakan teknis, dimana reward dan beasiswa akan diberikan selagi atlet konsisten atas prestasinya.

''Kami punya kewajiban ketika mereka tidak dapat berprestasi, maka berpotensi pada reward dan beasiswa itu kita turunkan. Sehingga mereka akan memaksimalkan, bukan dalam rangka untuk menekan, tapi mendisiplinkan dan membina. Ketika berprestasi, kunci utama untuk masuk itu semua adalah disiplin. Itu prinsipnya dan regulasinya sudah lengkap,'' ungkapnya.

Selain itu, USM dilengkapi juga dengan fasilitas yang sangat memadai salah satunya Gelora yang dapat digunakan bagi para atlet untuk berlatih maupun bertanding.

Baca juga: Sekolah Jurnalistik Angkatan XIX Digelar, PWI Jateng Apresiasi Konsistensi FH Unissula

''Konsepnya kami tidak bisa berjalan sendiri, kami bekerja sama dengan semua pihak. Tapi saat ini yang bisa kami fasilitasi secara maksimal adalah kami sudah memiliki Gelora dengan 6 lapangan bulu tangkis, ada SPECTA yang dilakukan Disporapar Provinsi Jateng. Kami juga punya GOR Basket. Kami menyampaikan kepada apa yang menjadi keinginan dari mahasiswa,'' ujar Junaidi.

Prestasi

Dia menyebutkan, tidak sedikit pula prestasi dalam bidang olahraga yang telah dicapai oleh para atlet mahasiswa USM. Salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tarung Derajat yang baru-baru ini bertanding di Salatiga.

''Kami juga punya UKM yang menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya. Ada satu catatan yang menarik, kita punya UKM Tarung Derajat, Tarung Bebas yang saya pikir baru kali ini ada UKM seperti itu di perguruan tinggi. Kemarin bertanding di Salatiga, dan banyak mendapatkan emas, perak, perunggu,'' tambahnya.

Baca juga: Berikut Kode Redeem Game Game Genshin Impact Terbaru, Minggu 9 Juni 2024 : Ayo Segera Klaim!

Adapun salah satu atlet berprestasi yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Ivan Adicahyono yang mengaku mendapatkan dukungan dari USM dalam mengikuti kejuaraan-kejuaraan baik di tingkat nasional maupun regional.

''USM sangat mendukung untuk mahasiswa dan atlet-atletnya dari segi fasilitas yang disediakan pihak kampus dan mendukung kita untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan di tingkat nasional maupun regional,'' akuinya.

Dalam meraih prestasinya dan menjalankan pendidikannya di USM, Ivan selalu melakukan latihan di sela-sela jam kosong pada jadwal kuliahnya.

"USM sangat mengapresiasi mahasiswanya. Saya juga melaporkan hasil juara dan mendapatkan reward bonus dari USM. Saya berterima kasih sudah diundang di Radio USM, dan terima kasih untuk KONI dan USM atas dukungannya. Untuk teman-teman terutama mahasiswa atlet USM harus terus melakukan yang terbaik, baik di perkuliahan maupun di latingan sampai pertandingan,'' kata Ivan.

Hal senada disampaikan Junaidi yang mengapresiasi Radio USM Jaya yang telah memberikan informasi detil dan jelas terkait kegiatan tri dharma perguruan tinggi salah satunya kegiatan olahraga.

"Saya mengapresiasi rekan-rekan USM Jaya yang bisa memberikan informasi detail dan jelas terkait kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya olahraga sebagai salah satu bentuk untuk mengakrabkan masyarakat dan olahraga kita itu harus menjadi salah satu priorita untuk terus berkembang,'' pungkasnya. (Aji)