bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Terima SK Gubernur, Bona Minta KONI di Semarang Raya Bergerak Cepat Siapkan Porprov 2026

Ajie - Olahraga
Senin, 13 Mei 2024 18:35
    Bagikan  
guh Setyono

guh Setyono - Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana menyerahkan SK Gubernur tentang tuan rumah Porprov XVII 2026 di Semarang Raya, yang diterima Sekum KONI kota Semarang, Teguh Setyono

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana, menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah tentang tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ( Porprov) Jateng XVII Tahun 2026 di Semarang Raya.


Penyerahan SK tuan rumah Porprov tahun 2026, dilakukan di ruang Rapat KONI Jateng Tengah, Semarang, Senin 13 Mei 2024. Mereka yang menerima SK masing-masing Ketua Umum KONI Kabupaten Semarang Henky Prasetyo Soemitro, Ketua KONI Salatiga Agus Purwanto,Ketua KONI Demak Wulan Rudi Prasetyo, Ketua KONI kabupaten Kendal Subur Isnadi dan Sekretaris Umum KONI Kota Semarang Teguh Setyono.

Baca juga: Runner Up di USM Open 2024, Prestasi Pebulutangkis Fajri/Meylisa Dinilai Membanggakan


Ketua Umum KONI Jawa Tengah Bona Ventura Sulistiana mengatakan SK Porprov dari Gubernur Jawa Tengah yang telah diterima tersebut menjadi dasar untuk bergerak dan segera ditindaklanjuti.

Pihaknya yakin, lima kabupaten dan kota di Semarang Raya mampu bergerak cepat dan mampu berkomunikasi secara intens dengan seluruh komponen demi suksesnya pesta olahraga multievent se-Jateng itu.

"Kami merasa lega dengan terbitnya SK Gubernur Jateng tentang tuan rumah Porprov Jawa Tengah XVII tahun 2026. Kami juga berharap, KONI kabupaten/ kota khususnya di wilayah Semarang Raya, agar bergerak cepat melalui komunikasi dan pertemuan yang kontinu dengan berbagai pihak terkait,'' harap Bona.

Perlu Diatur

Bona Ventura menegaskan, pelaksanaan Porprov tahun 2026 mendatang perlunya diatur tentang pembagian venue atau tempat pertandingan. Karena di Semarang Raya, terdapat jumlah venue yang berbeda termasuk kelengkapannya.

Baca juga: Prof Dharto: Orang Sukses itu Selalu Tekun, Tekan, dan Teken

"Kalau di kota Semarang venue tidak masalah karena ada Gelora Jatidiri, Tri Lomba Juang dan lain lain. Namun dilain pihak ada di kabupaten lain seperti misalnya Demak dan Kendal ini perlu kita pikirkan pengaturannya,'' tutur Bona.

Sementara itu, Waketum II KONI Jawa Tengah Soedjatmiko menyatakan,pihaknya antara lain membuat segera rancangan peraturan Porprov Jateng XVII 2026, mengurangi nomor pertandingan dari 600 lebih nomor pertandingan pada Porprov Pati Raya lalu akan dikurangi sekitar 500-san nomor pertandingan dan melakukan pembentukkan Technical Delegate (TD).

Menurut Soedjatmiko Porprov tahun 2026 mendatang sebagai persiapan atlet Jawa Tengah yang akan diterjunkan pada PON NTB- NTT tahun 2028.

"Kita mulai ancang ancang yakni atlet atlet yang beprestasi dalam Porprov di Semarang Raya tahun 2026 ini, akan menjadi proyeksi untuk PON NTB-NTT 2028 mendatang.Oleh karena itu, mulai sekarang cari bibit bibit atlet muda dari ajang Porprov Jateng di Semarang Raya,'' tegas Soedjatmiko, yang dosen FIK Unnes Semarang.

Sementara itu Sekum KONI kota Semarang Teguh Setyono mengemukakan, untuk keberadaan venue diwilayah tidak ada masalah.Namun dalam Porprov Jateng 2026 mendatang perlunya ditata batasan umur bagi atlet , karena proyeksi Jateng adalah mencari atlet atlet handal yang masih muda muda untuk masa akan datang.

"Cabor cabor tertentu perlunya ada batasan umur, sehingga kita tidak perlu susah mencari atlet prestasi yang muda-muda,'' tegas Teguh.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekum KONI Jawa Tengah Achmad Ris Ediyanto, Waketum IV Amir Mahmud NS, Bendahara Umum Prasetya Budi Yuwono, dan Wakabid Media- Humas KONI Jateng Sigit Pramono. (Aji)