bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Purwokerto Half Marathon 2024 Diikuti 3.300 Peserta, Ungkit Ekonomi dan Pariwisata

Ajie - Olahraga
Minggu, 12 Mei 2024 18:50
    Bagikan  
Purwokerto Half Marathon 2024 Diikuti 3.300 Peserta, Ungkit Ekonomi dan Pariwisata

Sekda Jateng Sumarno saat tampil di Purwokerto Half Marathon 2024. Foto: hms

PURWOKERTO, HELOINDONESIA.COM - Sebanyak 3.300 pelari dari berbagai daerah di Indonesia, turut menyemarakkan ajang lomba lari Purwokerto Half Marathon 2024, Minggu 12 Mei 2024.

Lomba yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jateng dan Pemerintah Kabupaten Banyumas itu, melewati rute jalan perkotaan, dengan start dan finish di kawasan Menara Teratai Purwokerto, Kabupaten Banyumas.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno juga ambil bagian pada kompetisi tersebut, untuk kategori 21 kilometer. Sekda berhasil menyelesaikan rute hingga finish dengan catatan waktu 2 jam, 27 menit, 39 detik.

Baca juga: Pencuri Motor Berdaster yang Beraksi di Semarang Dicokok Polisi, Videonya Sempat Viral

Sumarno menjelaskan, Purwokerto Half Marathon merupakan bagian dari rangkaian Jateng Sport Tourism Event (Specta) 2024. Ada tiga kategori yang dilombakan dalam event itu, meliputi 5 kilometer, 10 kilometer, dan 21 kilometer.

Alhamdulillah berjalan lancar, jumlah pesertanya juga luar biasa. Ini diharapkan berdampak pada ekonomi, terutama sektor pariwisata,” ujarnya, seperti dikutip dari jatengprov.go.id.

Sebab, kegiatan tersebut merupakan program Pemprov Jateng, yang bertujuan untuk menggalakkan masyarakat agar gemar olahraga. Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Banyumas, sehingga mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.
Ajang Promosi
Menurutnya, lomba tersebut sekaligus sebagai sarana memfasilitasi latihan para atlet. Atlet lari dapat memanfaatkan event marathon, sebagai ajang latihan dan bertemu dengan pelari lainnya.

Baca juga: Mbak Ita Pastikan Maju di Pilwakot Semarang, Relawan Mulai Bermunculan

“Event di Purwokerto ini juga diharapkan mempromosikan tempat-tempat wisata yang ada di Purwokerto dan sekitarnya. Wisata alamnya luar biasa, apalagi sekarang masyarakat banyak yang menyukai wisata alam,” jelas sekda.

Sumarno menilai, event yang menghadirkan ribuan orang ini, diyakini mampu mendongkrak ekonomi daerah dari sektor konsumsi. Sebab, peserta yang berasal dari luar daerah dipastikan menginap, makan, dan berbelanja di Banyumas.

“Dengan berbelanja di Jateng, maka UMKM di Jateng berkembang, sehingga dampaknya banyak. Ke depan diharapkan event-event seperti ini semakin berkembang,” harapnya. (Aji)