Helo Indonesia

Sindoro Sumbing Duathlon Diikuti 57 Peserta, Mampu Dongkrak Pariwisata, Ekonomi Wonosobo

Ajie - Olahraga
Minggu, 17 Desember 2023 11:54
    Bagikan  
Sindoro Sumbing Duathlon Diikuti 57 Peserta, Mampu  Dongkrak Pariwisata, Ekonomi Wonosobo

Sekda Jateng Sumarno bersepeda saat mengikuti Sindoro Sumbing Duathlon. Foto: jatengprov.go.id

WONOSOBO, HELOINDONESIA.COM - Event yang melombakan gabungan dua cabang olahraga, Sindoro Sumbing Duathlon 2023, menyedot animo puluhan pegiat olahraga, Sabtu 16 Desember 2023. Selain menyehatkan, acara ini mampu mendongkrak pariwisata dan menggulirkan perekonomian warga setempat.

Sindoro Sumbing Duathlon merupakan event tahunan. Kali ini menempuh jarak sejauh 30 kilometer. Diikuti 57 pegiat olahraga, ajang ini menggabungkan lari sejauh 10 kilometer dan bersepeda sejauh 20 kilometer.

Baca juga: Garuda Indonesia dan The Pokémon Company Perkenalkan Design Livery Tematik “Pikachu Jet”

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sumarno, turut menjadi peserta Sindoro Sumbing Duathlon 2023. Bersama peserta dari Aceh, Nusa Tenggara Barat, mereka melintasi Perkebunan Teh Blembem Kretek, Wonosobo.
Sangat Menarik
Sumarno mengatakan, Duathlon Sindoro Sumbing memadukan olahraga dan turisme dalam satu wadah. Para peserta disuguhi trek lari dan bersepeda, dengan keindahan alam pegunungan.

“Rutenya sangat menarik di areal perkebunan teh. Ini menjadi bagian dari sport tourism. Saya ingin ke depan, ini lebih besar lagi,” ujar Sumarno yang mampu menembus finish dengan catatan waktu 1.37.00

Selain pelari non profesional, Sindoro Sumbing Duathlon juga diikuti para atlet, seperti olahragawan Duathlon SEA Games Sedilta Pilon Nubatonis dan M Fauzan dari Pelatda Jateng.

“Pesertanya banyak juga para atlet, sehingga ini menjadi media untuk latihan. Mudah-mudahan dengan latihan seperti ini dapat menghasilkan atlet-atlet yang mengharumkan Jawa Tengah dan Indonesia,” urai Sumarno.

Baca juga: Bona Sebut Akomodasi dan Transportasi Jadi Tantangan di PON Aceh-Sumut 2024

Sumarno berharap, kegiatan yang diselenggarakan Pemprov Jateng, Pemkab Wonosobo dan Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Jateng, dipersiapkan lebih matang.

Hal yang perlu didorong lagi adalah, penyiapan jalur yang akan dilalui peserta dibuat lebih nyaman dan aman. Selain itu, kegiatan ini bisa dipadukan dengan event wisata lain di Wonosobo.

Sindoro-Sumbing Duathlon ditutup dengan penyerahan medali dan hadiah kepada para pemenang. Sumarno turut menyerahkan hadiah bagi para pemenang, ia didampingi Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat.

Para pemenang terbagi empat kategori, yakni sprint putra/putri, relay, TNI/Polri, dan usia di atas 35 tahun. (Aji)