Helo Indonesia

Baru Dua Musim Menjadi Tuan Rumah, Indonesia Mendapat Pujian Atas Gelaran MotoGP Mandalika 2023

Jumadi - Olahraga
Senin, 16 Oktober 2023 20:14
    Bagikan  
MotoGP Mandalika
screenshot of youtube

MotoGP Mandalika - Indonesia menjadi tuan rumah dalam ajang MotoGP

HELOINDONESIA.COM - Indonesia sudah dua kali menjadi tuan rumah dalam ajang MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Pelaksanaan MotoGP di Indonesia pertama kali pada musim lalu, tepatnya tahun 2022.

Meski baru berjalan dua tahun, penyelenggaraan MotoGP tahun ini diklaim jauh lebih sukses jika dibandingkan pada tahun pertama.

Hal ini karena banyak yang memuji atas kualitas dan atmosfer para penonton.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria, mengatakan bahwa pelaksanakan MotoGP Mandalika 2023 pada hari ketiga sangat sukses.

Baca juga: Polresta Balam Gelar Pengamanan Capres Dll di 3 Lokasi

Hal ini terkait dengan kualitas sirkuit yang baik sehingga mampu memacu para pebalap untuk menunjukkan performa terbaiknya.

Kondisi tersebut sekaligus memberikan tontonan kelas dunia kepada para pecinta MotoGP.

"Dari segi kualitas race jelas meningkat dibandingkan dengan tahun lalu sehingga tidak hanya memberikan kepuasan bagi para pembalap yang beradu cepat di lintasan, tetapi juga kepada penonton setia MotoGP Mandalika, terutama yang hadir langsung ke sirkuit," kata Priandhi.

Pada ajang MotoGP seri ke-15 tersebut, Francesco Bagnaia berhasil menjuarai MotoGP Mandalika setelah menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik disusul pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales dan pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo.

Selain itu, pujian juga diberikan berkaitan diluar balapan, seperti masalah logistik, visa, dan lain sebagainya.

"Hal itu dibuktikan dengan pihak Dorna puas sekali perihal persiapan yang dimulai dari jauh hari sebelumnya, mulai dari pengurusan visa, logistik 500 ton yang dikirim via udara dan laut, inspeksi ketat oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM)," Priandhi menjelaskan.

Selain itu, Priandhi mengatakan bahwa MotoGP Mandalika juga sukses menghadirkan Hero Walk, dimana para penonton untuk kategori tiket VIP Premiere dan VIP Deluxe dapat bertemu langsung dengan para pebalap dari kelas Moto2, Moto3, dan MotoGP.

Baca juga: Mahkamah Konstitusi Mengabulkan Gugatan Batas Usia, Denny Indrayana: MK menjadi Mahkamah Keluarga, NKRI Berubah Menjadi Negara Keluarga Republik Indonesia

Pencapaian kesuksesan gelaran MotoGP Mandalika 2023 juga bisa dilihat dari tingginya jumlah pengunjung yang mencapai 103.000 kunjungan.

Angka tersebut telah melampaui target yang ditetapkan, yakni sebanyak 80.000 kunjungan.