Helo Indonesia

Ganjar Pranowo dan Sejumlah Gubernur Purna Bakti, Orang Istana Ini Gantikan Ridwan Kamil

Winoto Anung - Nasional
Sabtu, 2 September 2023 10:30
    Bagikan  
Bey Machmudin
X / @NarasiNewsroom

Bey Machmudin - Bey Machmudin bakal jadi PJ Gubernur Jawa Barat, menggantikan Gubernur Ridwan Kamil. (Foto: X / @NarasiNewsroom)

HELOINDONESIA.COM - Sejumlah Gubernur akan habis masa jabatannya atau purna bakti, pada tanggal 5 September 2023 ini. Kemudian, jabatan gubernur itu akan diisi oleh Penjabat (PJ) Gubernur yang akan diangkat Presiden Jokowi.

Di antarnya yang memasuki purna tugas adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernua Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ganjar Pranowo yang akan pensiun dari Gubernur, sudah ditunjuk sebagai bakal calon presiden dari PDIP, sedangkan Ridwan Kamil termasuk dalam bursa bakal calon wakil presiden.

Presiden Joko Widodo telah memutuskan sejumlah nama penjabat (Pj) gubernur di sejumlah daerah. Keputusan itu diambil dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menggantikan para gubernur yang telah habis masa jabatannya.

Baca juga: SBY Turun Gunung Sebut Ada Dalang untuk Penggagalan Duet Anies-AHY, Netizen: Tapi Kok Katanya, Katanya Mulu

Salah satu nama yang terkenal dan akrab dengan wartawan Istana dan kini diangkat menjadi PJ Gubernur adalah orang Istana Bey Machmudin. Dia adalah Bey menjabat sebagai Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres).

Kini Bey Machmudin bakal menggantikan Gubernur Ridwan Kamil yang masa jabatannya habis pada 5 September 2023.

Selain Bey, nama-nama Pj gubernur yang telah diputuskan Jokowi di antaranya Nana Sudjana (Pj Gubernur Jawa Tengah), Hasanudin (Pj Gubernur Sumatera Utara), Sang Made Mahendra Jaya (Pj Gubernur Bali), dan Ridwan Rumasukun (Pj Gubernur Papua).

Baca juga: PKB ke Gerindra: Sudahlah Jangan Main Drama Lagi, Silakan Prabowo Berpasangan dengan Airlangga atau Erick Thohir

Kemudian, Ayodhia Kalake (Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur), Lalu Gita Ariadi (Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat), Harrison Azroi (Pj Gubernur Kalimantan Barat), Andap Budhi (Pj Gubernur Sulawesi Tenggara), dan Bachtiar Baharuddin (Pj Gubernur Sulawesi Selatan).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelum pensiun berkeliling Jateng untuk pamitan kepada warga di provinsi itu. Jumat kemarin muncul di Klaten untuk perayaan hari jadi Kabupaten itu.

Begitu Ganjar Pranowo tiba di Alun-alun Klaten, ribuan warga pun berebut mendekatinya. Mereka antusias bersalaman dan berfoto bersama.

Baca juga: Sri Mulyani Dukung dan Mendoakan Ganjar Pranowo Jadi Presiden di Pilpres 2024

“Terima kasih, Pak Ganjar. Saya sangat mengidolakan bapak. Bolehkah saya berfoto dengan Pak Ganjar?" seru salah seorang warga dengan semangat.

Tak sedikit pula yang menyebut Ganjar sebagai calon presiden. Mereka dengan tegas menyatakan dukungan mereka untuk Ganjar sebagai penerus Presiden Jokowi.

"Ganjar, calon Presiden! Mari kita lanjutkan perjuangan Pak Jokowi!" teriak yang lain.

Salah satu warga, Sri Retno (45), rela datang dari Gondang, Klaten, hanya untuk bertemu dengan Ganjar. "Selagi belum menjadi presiden, saya ingin berfoto bersama beliau. Kapan lagi kesempatan seperti ini?" ujarnya sambil tersenyum. (**)