Helo Indonesia

Mahfud MD Kaget, HMI Bela Rocky Gerung dengan Bakar Bendera PDIP: Tradisinya Adu Argumen

Winoto Anung - Nasional
Rabu, 9 Agustus 2023 05:00
    Bagikan  
Mahfud MD
Instagram / @mohmahfudmd

Mahfud MD - Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Instagram / @mohmahfudmd)

HELOINDONESIA.COMDalam aksi unjuk rasa aktivis HMI, mereka membakar bendera PDIP untuk membela Rocky Gerung. Aksi unjuk rasa itu digelar  di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat 4 Agustus 2023.

Ada berita ini Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, hal itu mengagetkan. Sebab, aktivis HMI kok membakar bendera membakar bendera PDIP, gegara mereka membela Rocky Gerung.

“Masak, aktivis HMI membela Rocky Gerung (RG) dgn membakar bendera PDIP,” ujar Menko Polhukam Mahfud MD dalam unggahannya satu hari lalu di Instagram.

Mahfud mengaku setuju dengan Presidium KAHMI Kalsel Fazlur Rahman, bahwa tindakan tersebut tidak layak. Menurutnya membela Rocky Gerung boleh.  “Membela RG boleh saja, tapi tradisi HMI adalah adu argumen, bukan membakar bendera,” katanya.

Baca juga: Dukung Capres dari Parpol Pendukung UU Ciptaker, Said Iqbal Diminta Fair dan Jujur pada Buruh

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini mengatakan, kalau membakar bendera PDIP itu alasannya karna PDIP mengadukan Rocky Gerung (RG) ke polisi maka alasan itu juga keliru.

“Bagaimana kalau bendera HMI dibakar hanya, misalnya, karena HMI melaporkan orang ke polisi? Adalah lebih baik seandainya mau membela RG dengan memberi bantuan hukum atau adu argumen secara terbuka,” ujarnya.

Sebelumnua, Mahfud merujuk kepada berita yang bertajuk: Aktivis HMI Bakar Bendera PDIP Bela Rocky Gerung, KAHMI: Makin Perkeruh Keadaan.

Baca juga: Tanggapan Mahfud MD Soal Putusan MA yang Kabulkan Kasasi Ferdy Sambo Jadi Hukuman Seumur Hidup

KAHMI menyebutm, pembakaran bendera PDIP bela Rocky Gerung malah memperkeruh keadaan. Sekretaris Umum Korps Alumni HMI (KAHMI) Majelis Wilayah Kalimantan Selatan Fazlur Rahman menyayangkan terjadinya pembakaran bendera PDIP. Ia khawatir tindakan itu bakal memperkeruh keadaan.

Pembakaran bendera itu dilakukan sekelompok aktivis HMI yang melakukan unjuk rasa membela Rocky Gerung, yang diduga menghina Presiden Jokowi.

Dalam aksinya, mereka membakar bendera PDIP saat aksi unjuk rasa di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat 4 Agustus.  (**)

(Winoto Anung)