Helo Indonesia

Presiden Jokowi Yakin Bandara Kertajati ke Depan Jadi Bandara Sangat Padat, Minat Investor Sangat Besar

Winoto Anung - Nasional
Rabu, 12 Juli 2023 12:17
    Bagikan  
Presiden Jokowi
setkab.go.id

Presiden Jokowi - Presiden Jokowi meninjau kegiatan dan fasilitas yang ada di Bandara Kertajati, Jabar, Selasa 11 Juli 2023. )Foto: BPMI Setpres)

HELOINDONESIA.COM - Presiden Jokowi telah meninjau Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa 11 Juli. Presiden mengatakan aktivitas di Bandara Kertajati sudah semakin baik.

“Saya senang karena aktivitas di Bandara Kertajati sudah sangat baik, sekarang telah digunakan untuk embarkasi haji, bandara embarkasi haji untuk kurang lebih 8 ribu jemaah dari tujuh kabupaten kota di Provinsi Jawa Barat,” kata Presiden Jokowi di Bandara tersebut.

Selain itu, Presiden Jokowi mengaku senanga karena Bandara Kertajati sudah melayani penerbangan umrah hingga empat kali seminggu.

“Dan yang kedua, saya juga senang karena Bandara Kertajati juga sudah melayani penerbangan umroh hingga empat kali seminggu, plus juga melayani penerbangan internasional dari Kuala Lumpur ke Kertajati sebanyak dua kali per minggu,” ujarnya.

Baca juga: Berwisata ke Benteng Vredeburg di Yogya, Menyusuri Lorong Sejarah Indonesia lewat Diorama

“Dan, nantinya dimulai bulan Oktober akan operasi penuh, artinya dari Bandara Husein Kertanegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet,” ujar Presiden Jokowi.

Lantas, Presiden Jokowi berbicara soal investor, menurutnya minat investor dari berbagai negara untuk berinvertasi di Bandara kertajati sangat besar.

“Yang ketiga, saya senang karena minat investor untuk ikut berinvestasi di Bandara Kertajati ini, minatnya sangat besar sekali dari beberapa negara,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Kerennya Perpustakaan Umum Purbalingga, Tawarkan Fasilitas Modern dan Layanan Story Telling bagi Pengunjung

Selanjutnya Presiden mengatakan, soal investor tersebut, akan diputuskan nanti bulan Oktober, agar yang mengoperasikan dan juga ikut dalam kepemilikan Bandara Kertajati ini kita harapkan traffic-nya/lalu lintasnya semakin padat apabila ada investor luar yang bergabung di Bandara Kertajati ini.

Dia mengharapkan dengan upaya-upaya yang dilakukan ini, plus dengan telah selesainya diresmikannya Tol Cisumdawu, sehingga jarak tempuh antara Bandara Kertajati dan Bandung hanya kurang lebih satu jam, ini juga akan mempercepat perkembangan Bandara Kertajati.

“Perlu saya sampaikan bahwa dalam perencanaan awal memang Bandara Kertajati dan Tol Cisumdawu selesainya pada saat yang bersamaan, tetapi karena proses pembebasan lahan Tol Cisumdawu yang banyak masalah sehingga tolnya mundur tidak bisa mendukung operasional dari Bandara Kertajati,” ujarnya.

Baca juga: Mahfud Hingga Yenny Wahid Menolak, Anies Disarankan Pilih AHY Jadi Cawapres

Menurut Presiden Jokowi, dengan selesainya Jalan Tol Cisumdawu, dia yakin Bandara Kertajati ke depannya akan menjadi sangat padat.

“Setelah selesai ini, saya meyakini bandara ini akan menjadi bandara masa depan dengan traffic yang sangat padat,” kata Jokowi. (*)

(Winoto Anung)