Helo Indonesia

Dirjen Hubdat Tinjau Sarana dan Prasarana Pelabuhan Penyeberangan di Danau Toba

M Ridwan - Nasional
Minggu, 30 Juni 2024 13:40
    Bagikan  
Transportasi,
Ist

Transportasi, - Penyeberangan di Kawasan Wisata Danau Toba.

HELOINDONESIA.COM - Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan penyelenggaraan transportasi sungai, danau dan penyeberangan di wilayah Sumatera Utara, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Risyapudin Nursin beserta jajaran meninjau sarana dan prasarana pelabuhan penyeberangan di kawasan wisata Danau Toba.

"Danau Toba adalah kawasan wisata yang indah dan sangat diminati masyarakat baik dalam maupun luar negeri, maka itu kita perlu melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan transportasinya khususnya sarana dan prasarana pelabuhan penyeberangan," ujar Dirjen Risyapudin dalam kunjungannya pada Sabtu (29/6) kemarin.

Baca juga: Bank bjb Bagi-bagi Konser Sheila On 7 Tunggu Aku di, Siapa Mau?

Ia melanjutkan di kawasan Danau Toba ini terdapat dua lintasan pelabuhan penyeberangan di antaranya Pelabuhan Penyeberangan Ajibata - Ambarita dan Pelabuhan Penyeberangan Tigaras - Simanindo.

Pelayanan saat ini di Pelabuhan Ajibata terdapat pelayanan lintasan Ajibata - Ambarita yang dilayani oleh KMP Ihan Batak dan KMP Pora – Pora. Sementara, terdapat juga pelayanan lintasan penyeberangan kapal rakyat/tradisional Ajibata - Tomok dan Ajibata - Nainggolan.

Baca juga: Pimpinan MPR RI, Tegaskan Pentingnya Bangun Sinergi Nasional

"Untuk KMP Ihan Batak dapat menampung kapasitas 150 penumpang dan 32 unit roda empat. Sedangkan KMP Pora - Pora dapat menampung kapasitas 130 penumpang dan 21 unit roda empat. Sepanjang tahun 2024 lintasan ini telah melayani sebanyak 246 ribu penumpang," jelasnya.

Lebih lanjut Ia menuturkan untuk pelayanan di Pelabuhan Tigaras terdapat pelayanan lintasan Tigaras - Simanindo yang dilayani oleh KMP SUMUT I, KMP SUMUT II dan KMP Julaga Tamba 1.

Baca juga: Menko PMK Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Salamad Indonesia di Vietnam

"Pada tahun ini lintasan Tigaras - Simanindo telah melayani sebanyak 146 ribu penumpang. Diharapkan ke depan kita dapat terus memperbaiki layanan agar lebih memudahkan masyarakat dan wisatawan dalam berwisata ke wilayah Danau Toba," katanya.

Ia berharap Kantor Kesyahbandar dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (KSOPP) Danau Toba dapat melaksanakan pengendalian, pengawasan, dan penegakan hukum di bidang keselamatan dan keamanan kegiatan angkutan penyeberangan di Danau Toba dengan sebaik-baiknya serta intensif berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan.

Baca juga: Hingga Mei 2024 Pelindo Catat Pertumbuhan Kinerja Positif di Regional 4

Turut hadir pada tinjauan ini Direktur Lalu Lintas Jalan, Ahmad Yani, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Toni Tauladan, Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan, Lilik Handoyo, Kepala BPTD Kelas II Sumatera Utara, Dadan M Ramdan, serta Kepala KSOPP Danau Toba, Rijaya Simarmata.