Helo Indonesia

Gelar Award He for She, Tunjukkan Komitmen Kapolri Wujudkan Hapuskan KDRT dan Membasmi Kejahatan Perdagangan Orang

Aris Mohpian Pumuka - Nasional
Jumat, 14 Juni 2024 11:09
    Bagikan  
Award
ist

Award - Memperingati HUT Bhayangkara Polri menggelar ajang He for She

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Berbekal penghargaan He for She yang diperoleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 2023, yang diberikan International Association of Women Police, menggugahnya menggelar ajang award serupa pada serangkaian kegiatan memperingati Hari Bhayangkara ke-78.

He for She award dapat diikuti oleh semua Polwan (kepolisian wanita),"  ujar ketua penyelenggara lomba Kombes Pol Widy Saputra kepada wartawan, pada Kamis (13/6/2024) di Jakarta. Kegiatan lomba ini merupakan yang pertama kali digelar Polri.

Dia katakan, ajang ini dilombakan untuk para kepala satuan kerja (kasatker) dan kepala satuan wilayah (kasatwil). Syaratnya, peserta harus menunjukkan komitmen dukungan mereka dalam bentuk tulisan dan video.

Penilaiannya, lanjutnya, nanti tergantung pada inovasi dan kreativitas peserta. Selain, tentunya, komitmen dukungan terhadap perempuan. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kampanye He For She dari  United Nationa Women (badan PBB di bidang perempuan).

Baca juga: Berikut Kode Redeem Game Free Fire (FF) Terbaru, Jumat 14 Juni 2024

Widy Saputra mengatakan, sejak awal Polri selalu mendukung perempuan berkarir di kepolisian. Karenanya, penghargaan ini merupakan bentuk kebijakan nyata dukungan pimpinan Polri atas perempuan.

Polri sudah lama memberikan dukungan kepada Polwan-Polwan agar nyaman berkarir di Kepolisian. "Saat ini semakin banyak Polwan yang menduduki posisi strategis di instansi Polri. Kuota penerimaan Polwan setiap tahun juga terus ditambah," ujarnya.

Ia memandang, keberadaan Polwan sangat strategis untuk penyelesaian kasus-kasus dengan korban yang didominasi perempuan dan anak, seperti kekerasan dalam rumah tangga dan tindak pidana perdagangan orang.

Prestasi Kapolri dan sekaligus menunjukkan perhatian dan perlindungan terhadap perempuan dan anak, dengan mengajukan untuk pertamakalinya pembentukan Direktorat Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) serta Direktorat Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Juga sesuai dengan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo langsung kepada Kapolri.

Baca juga: WAJIB TAHU ! Perpanjang dan Buat SIM Baru Harus Miliki BPJS per Tanggal 1 Juli 2024

Bukan itu saja, katanya, terbukti atas dukungan terhadap perempuan, Listyo Sigit Prabowo pada  2023 lalu mendapat penghargaan He for She dari International Association of Women Police atau Asosiasi Polwan Internasional atas dedikasinya mendorong kemajuan perempuan di kepolisian.

Kapolri juga dinilai, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempromosikan dan memajukan perempuan di kepolisian.

Pakor Polwan RI (Perwira Koordinator Polisi Wanita Republik Indonesia) Brigjen Pol Desy Andriani mengatakan, ruang berkarir di kepolisian semakin terasa lebih ramah bagi perempuan.

“Belum lama ini kami menerima audiensi UN Women. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan komitmen UN Women untuk mendukung upaya Polri dalam mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di lingkungan Polri,” ujar jenderal perempuan bintang satu ini.

Baca juga: Pemain Kelas A yang Bisa Dinaturalisasi Indonesia Agar Semakin Kuat Untuk Melaju ke Piala Dunia 2026

Lebih lanjut Desy Andriani mengatakan, dalam pertemuan ini juga dibahas proyeksi potensi kerjasama antara Polri dan UN Women ke depannya.

Tags
KDRT