Helo Indonesia

Menko Muhadjir Minta Alumni UMM Malang Cari Kesibukan Baru, Agar Tak Larut Kegembiraan Pasca Wisuda

Edo - Nasional
Rabu, 15 Mei 2024 20:19
    Bagikan  
WISUDA UMM
Kementerian PMK

WISUDA UMM - Menko PMK, Muhadjir Efendy (tengah) saat menghadiri acara wisuda di UMM Malang, Jawa Timur.

HELOINDONESIA.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sekaligus Ketua Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Malang (BPH UMM) menghadiri Sidang Senat Terbuka Wisuda ke-113 Tahun 2024, di UMM Dome, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (14/5/2024).

"Pagi ini saya menyaksikan wajah-wajah wisudawan yang ceria, optimis menatap masa depan, dan InsyaAllah wajah-wajah itu menggambarkan suasana hati suasana batin kalian untuk menuju masa depan cerah," ujar Muhadjir Effendy.

Muhadjir menyampaikan, setelah lulus dari bangku perkuliahan, maka langkah selanjutnya adalah menguji kesaktian dari teori yang telah dipelajari untuk dipraktekkan di dunia nyata.

Baca juga: Menko PMK Sebut Prodi Akupuntur Herbal Terobosan Baru UMUKA Bidang Kesehatan

Karenanya, dia meminta para wisudawan segera mencari kesibukan baru, agar mahasiswa tidak larut dengan kegembiraan harus segera bangkit metap masa depan lebih berat.

"Maka setelah ini jangan larut dalam kesenangan, kegembiraan, harus segera bangkit menatap masa depan yang jauh lebih berat. Segera bangkit. Cari kesibukan baru, jangan hindari kesulitan," ujarnya.

Muhadjir optimis para mahasiswa lulusan UMM akan memiliki masa depan yang cerah apabila terus menantang diri dan mencari kesulitan untuk dihadapinya.

Baca juga: Gubernur Dampingi Menko PMK dan Menhub Pada Rakor Penanganan Arus Balik Idul Fitri 1445 H

Dia pun beranggapan para lulusan UMM akan mengisi lapangan pekerjaan, menjadi pencipta kerja, dan mengisi pembangunan Indonesia.

Kemudian, Muhadjir meminta para lulusan UMM bisa membangun keterpaduan dan keharmonisan di tengah masyarakat. Hall itu harus menjadi watak dasar lulusan UMM di tengah-tengah masyarakat.

"Berperilakulah yang inklusif, merangkul semua orang semua pihak dan menjadi penengah di antara perbedaan-perbedaan masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Menko PMK: Penanganan Bencana di Tiga Provinsi Berjalan Baik

Muhadjir meminta para lulusan UMM bisa terus menjaga akhlak baik. Selain itu, dia berpesan untuk terus menjaga ibadah karena itu menjadi kunci kesuksesan di dunia dan di akhirat kelak.

"Saya wanti-wanti betul kepada alumni UMM, shalat itu harus betul-betul dipertahankan. Apalagi kalau ditambah dengan shalat malam itu modal yang luar biasa," ujarnya. (*/ANO)