Helo Indonesia

Resmikan SPAM Kali Dendeng di Kupang, Presiden Jokowi: Akan Memberikan Kepastian Air Bersih bagi Masyarakat

Jumadi - Nasional
Rabu, 6 Desember 2023 14:01
    Bagikan  
peresmian SPAM di Kupang oleh presiden Jokowi
Tangkapan layar

peresmian SPAM di Kupang oleh presiden Jokowi - SPAM diharapkan bisa suplai air, terutama air minum warga Kupang dan sekitarnya

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (6/12/2023).

Kepala Negara menyampaikan, SPAM Kali Dendeng dibangun sejak tahun 2020 dan menghabiskan anggaran Rp 173 miliar.

Lewat pembangunan SPAM, diharapkan bisa suplai air,  terutama air bersih bagi warga Kupang dan sekitarnya bisa tersalur dari fasilitas ini.

"Anggarannya Rp 173 miliar sehingga ini akan memberikan kepastian bahwa untuk urusan air, utamanya air minum, di Kota Kupang dan sekitarnya bisa disuplai dari SPAM Kali Dendeng. Pada siang hari ini saya resmikan sistem penyediaan air minum Kali Dendeng, Kota Kupang, NTT," ucap Presiden Jokowi saat meresmikan yang ditayangkan melalui chanel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/12/2023).

Baca juga: Anies Undang Milenial, Gen Z, dan Masyarakat Lampung Dialog 2 Arah

Jokowi menyampaikan, SPAM Kali Dendeng diklaim bisa dipakai untuk 15.000 sambungan rumah tangga.

Dengan hal tersebut, pembangunan SPAM diharapkan bisa menjawab masalah air yang menjadi persoalan warga NTT pada musim kemarau.

"Di musim kemarau selalu air menjadi persoalan besar baik untuk kepentingan rumah tangga maupun untuk kepentingan pertanian. Dan hari ini kita buka SPAM Kali Dendeng di Kota Kupang," kata Jokowi.

Namun, untuk saat ini baru sekitar 3.000 sambungan yang baru bisa terpakai.

Oleh karena itu, ia meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengambil alih proses penyambungan.

"Harusnya ini tanggung jawab daerah, tanggung jawab kota, tanggung jawab provinsi, dan tanggung jawab PDAM. Tetapi untuk NTT ini akan kita bantu dari pemerintah pusat. Untuk Kupang, akan kita bantu dari pemerintah pusat," ucap Jokowi.

Baca juga: Upaya Lestarikan Tanaman Endemik NTT, Presiden Jokowi Tanam Pohon Cendana Bersama Warga

Dalam kunjungan kali ini, ada beberapa agenda yang akan dilakukan Presiden Jokowi.

Presiden dalam kunjungan kerjanya di Kota Kupang turut didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.