Helo Indonesia

Hadiri Sail Teluk Cenderawasih, Presiden Jokowi: Ini Mendorong Wisatawan dan Investor untuk Memajukan Papua

Jumadi - Nasional
Kamis, 23 November 2023 11:04
    Bagikan  
Presiden Jokowi berpidato
Tangkapan layar

Presiden Jokowi berpidato - Presiden Joko Widodo menghadiri acara Sail Teluk Cendrawasih 2023

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara Sail Teluk Cendrawasih 2023 di Biak, Papua.

Presiden Jokowi berharap acara tersebut dapat meningkatkan potensi di berbagai sektor untuk mendorong minat investor untuk memajukan Papua.

"Kita harus sadar bahwa dua per tiga Indonesia ini adalah samudera laut yang isinya itu air. Oleh sebab itu di puncak acara sail teluk Cenderawasih 2023 ini akan memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim, kita potensi pariwisata, kita potensi sosial budaya kita," kata Jokowi, melalui Chanel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (23/11/2023).

Kapala Negara itu mengungkapkan bahwa Papua memiliki kekayaan alam dan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia.

Baca juga: DPRD Lampung Setujui Raperda APBD TA 2024 Senilai Rp8,342 Triliun

Dengan kondisi tersebut, ia berharap produk-produk Papua dapat diperkenalkan di level nasional bahkan hingga tingkat dunia.

"Papua memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan Teluk Cendrawasih merupakan kawasan dengan ekosistem laut yang paling kaya di Indonesia. Surganya terumbu karang, surganya biota laut dan kita harapkan dengan adanya sail Teluk Cendrawasih budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional dan bahkan ke level internasional, ke level global," kata Presiden Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi berharap sail Teluk Cendrawasih ini juga dapat mendorong jumlah wisatawan dan investor untuk memajukan Papua.

"Ini akan mendorong jumlah wisatawan, akan mendorong event kreator, akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan tanah Papua," katanya.

Baca juga: Tak Selalu Perawatan Dilakukan Perempuan, Inilah 9 Skincare untuk Pria yang Mencerahkan Wajah

Presiden Indonesia ke-7 itu juga berpesan agar event-event seperti ini bisa diteruskan dan bisa melibatkan berbagai pihak.

"Saya pesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan, ditingkatkan kreativitasnya, inovasinya, dan keterlibatan masyarakat, keterlibatan UMKM," kata Jokowi.