Helo Indonesia

Besok, Jenderal Agus Subiyanto Dilantik Menjadi Panglima TNI di Istana

Drajat Kurniawan - Nasional
Selasa, 21 November 2023 14:52
    Bagikan  
Jenderal Agus Subiyanto Saat Dilantik Menjadi KASAD oleh Presiden Joko Widodo di Istana
Foto : Ist

Jenderal Agus Subiyanto Saat Dilantik Menjadi KASAD oleh Presiden Joko Widodo di Istana - (Presidenrigo.id)

HELOINDONESIA.COM - DPR mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna yang digelar pada Selasa (21/11).

Jenderal Agus Subiyanto akan menggantikan posisi Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun 26 November 2023.

Setelah disahkan DPR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI di Istana Negara, pada Rabu (22/11) besok.

Hal itu disampaikan oleh Jenderal Agus setelah disahkan menjadi Panglima TNI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Pelantikan insyaAllah besok jam 10 oleh bapak presiden," kata Agus kepada awak media.

Baca juga: Panglima TNI Nyatakan Perang Terhadap Mafia Tanah: Kita Sikat Habis

Sebelumnya DPR menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI, pada Selasa (21/11).

Ketua DPR Puan Maharani memimpin langsung rapat paripurna yang dihadiri 294 anggota DPR dari seluruh fraksi yang ada di Senayan.

Rapat paripurna dimulau dengan, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid melaporkan hasil fit and propert test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

"Komisi I memutuskan menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasinya. Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jendertal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI," kata Meutya.

Baca juga: Ancam Piting Warga Rempang, Panglima TNI Minta Maaf

Selanjutnya, Ketua DPR Puan Maharani menanyakan kepada seluruh anggota DPR soal hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI.

"Apakah pemberhentian dengan hormat Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI dan persetujuan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dapat disetujui?" tanya Puan. "Setuju," jawab peserta rapat.