Helo Indonesia

Belum Ada Investasi Asing ke IKN, Presiden Jokowi: Investor dari Luar akan Segera Masuk

Jumadi - Nasional
Jumat, 17 Nov 2023 14:49
    Bagikan  
Presiden Joko Widodo
screenshot of youtube

Presiden Joko Widodo - Konferensi pers Presiden Jokowi melalui Youtube

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum ada investasi asing yang masuk untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Walau demikian, Presiden Jokowi meyakini bahwa investor asing akan segera masuk ke IKN setelah para investor dalam negeri bergerak.

"Sampai saat ini belum ada (investasi asing). Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/11/2023).

Menurutnya, dalam tahap pertama ada sejumlah bidang yang diprioritaskan untuk investasi asing di IKN, yakni pendidikan, kesehatan, dan teknologi.

Baca juga: Diserempet Dump Truck Motor Ringsek, Alhamdulillah Driver Ojol Selamet, Sopir Tanpa SIM Tertangkap

"Pendidikan, kesehatan, juga teknologi," imbuh Jokowi.

Sebelumnya Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembangunan IKN di Kalimantan Timur mungkin baru akan selesai pada 15 hingga 20 tahun yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan kuliah umum di Stanford University, San Francisco, Amerika Serikat, pada Rabu (15/11/2023).

Presiden Jokowi juga menjelaskan tentang bagaimana perkembangan pembangunan IKN yang berbasis hutan kota.

Ia juga mengungkapkan bahwa perayaan hari kemerdekaan bisa dilakukan di IKN.

"Inilah showcase transformasi Indonesia. Dan tahun depan Indonesia berencana akan merayakan hari kemerdekaan di Nusantara untuk menunjukkan bahwa kita telah memiliki ibu kota baru," kata Jokowi.

"Meskipun mungkin selesainya ibu kota (IKN) ini baru 15 atau 20 tahun yang akan datang," lanjutnya.

Baca juga: Tidak Perlu Memakai Bahan Kimia, Inilah 4 Cara Mengatasi Batuk Berdahak

Mengenai potensi adanya investasi asing, Presiden Jokowi pernah mengatakan banyak yang berminat untuk berinvestasi di IKN.

Namun, ia meminta untuk mendahulukan investasi dari dalam negeri.