Helo Indonesia

Musik Adalah Cinta dan Ekspresi Kebebasan Tanpa Sekat

Aris Mohpian Pumuka - Hiburan -> Musik
Selasa, 2 Juli 2024 19:50
    Bagikan  
Lagu Karmila
Aris Mohpian Pumuka

Lagu Karmila - Searah jarum jam dari kiri LiLo, Kadri dan Rahayu saat meluncurkan single Karmila.

HELOINDONESIA.COM -Apa yang kamu cari Kadri Mohamad? Ketenaran sudah ada.  Hidup telah mapan. Dengan menjadi senior partner di Gudio Hidayanto & Partners (GHP), sudah tak perlu lagi mencari penghidupan di tempat lain.

Itu barangkali yang ada di benak pembaca, ketika musisi yang telah puluhan tahun berkiprah di blantikan musik kini melempar single terbaru “Karmila”. “Di musik ada cinta dan kebebasan berekspresi. Semua seniman bebas mengekspresikan jiwa dan nurani, tanpa sekat-sekat” katanya puitis, kala berjumpa Helo Indonesia dalam satu kesempatan, pada Senin (1/7/2024) di gedung Sarinah di kawasan Jl MH Thamrin, Jakarta.

Lagu “Karmila”, karangan mendiang Farid Hardja, memang tak asing di telinga anak-anak muda era ’70-an kala itu. Tembang dan suaranya yang khas seperti sihir, yang mengajak pendengarnya ikut berdendang dan larut dalam joget ceria.

Kini, di tangan Lilo kla Project sebagai produser ia mencoba meramu dalam genre pop-rock. Ia kepincut dengan Kadir, yang memiliki jenis suara vibrator mirip dengan Farid.

Baca juga: Link Nonton Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba - To the Hashira Training Arc Sub Indo

Menurut gitaris grup musik Kla Project ini, sebenarnya sudah 11 tahun lalu lagu ini pernah disuarakan oleh Kadri. Kala itu dalam suasana santai dan penuh candaan. Tapi, lantaran kesibukan masing-masing ide itu belum terealisasi. Masih mengendap dalam pikiran.

Kadri sibuk dengan grup band dan pekerjaan yang lain. Memang, selama ini musisi berusia 61 tahun ini pernah mendirikan band the KadriJimmo. Juga pernah menghasilkan album berjudul “Indonesia Hebat” , pada 2009 dan “Tanah Sang Pemberani EP” (2015). Serta membuat album single “Seandainya Aku Bisa Terbang”, yang dikerjakan Yovie Widianto, anggota dari band Kahitna, single “Ingin Punya Pacar Lagi”(2019) dan “Lamar” (2019).

Dengan kesibukan yang bertumpuk itu, baru pada 2024 ini keduanya bersepakat merealisasikan lagi ide lama, menggarap single “Karmila” dengan serius. LiLo yang kebetulan punya gawe samping sebagai produser dengan merek dagang LiLo The Producer, meski masih aktif di band Kla Project, dengan senang hati membuat proyek perdana ini

Sebagai produser, LiLo mencoba mencari kekuatan suara vibrato Kadri untuk lagu daur ulang “Karmila”. Ia juga memasukkan unsur music rock ‘n’ roll modern dan dicampur dengan gaya grup paduan suara Beach Boy. “Jadilah lagu Karmila dengan gaya pop-rock,” katanya mengakui.

Baca juga: Intip Potret Mulan Jameela Terbaru Bikin Pangling dengan Makeup Bold

Kadri sendiri, dalam single itu, tak sekedar meniru suara Farid Hardja seratus persen. “Suara yang saya miliki ini anugerah alam. Saya menyanyi lagu Farid Hardja, tapi saya tidak meniru (suara) dia. Saya dengan ciri khas saya sendiri. Bedanya, saya ingin mengubah lagu klasik menjadi lagu kekinian,” ujar Kadri.

Dengan demikian, yang menarik, nantinya “Karmila” akan dikemas untuk segmen Gen-Z. Rahayu Kertawiguna sebagai CEO Nagaswara dipercaya untuk memasarkan dan mendistribusikannya.

Lewat label Nagaswara, lagu “Karmila” sebelumnya sudah diperkenalkan di plat-form youtube besutan Nagaswara yang memiliki jutaan subscriber. Dalam pentas-pentas, Kadri juga pernah dihadirkan sebagai bintang tamu menyanyikan lagu “Karmila”.

Dalam cuplikan video, terlihat Kadri menyanyi “Karmila”  dalam nuansa  yang dibalut penuh warna-warni (colour full). Menurut pengakuan Kadri, latar lagu yang penuh warna ini sangat digemari kaum milenial. Namun, greget Farid Hardja saat mendendangkan "Karmila", kurang tereksplor dalam video yang dibawakan Kardi.

Baca juga: Semifinal AFF U16 Indonesia Kalah Dari Australia, Garuda Asia Harus Perebutkan Juara Ketiga Lawan Vietnam !

Biarlah, di usianya yang tidak muda lagi, Kadri berimajinasi. Mengekspresi kebebasan dirinya dalam bermusik,  yang telah ia geluti selama 50 tahun, yang tentunya bukan waktu singkat.

Soal sukses-tidaknya lagu “Karmila” nanti, biarlah waktu yang akan membuktikannya. Bagi Kadri sendiri, yang terpenting, bagaimana ia masih bisa tetap eksis di blantika musik; dan memperdengarkan suaranya yang khas itu kepada pecinta musik di Tanah Air.