Mengulik Nikmatnya Peyek Undur-undur Laut Krispi Khas Kebumen

Senin, 22 Januari 2024 20:36
Undur undur laut Krispi Pinterest

HELOINDONESIA.COM - Jika kamu mampir ke salah satu kota terpencil di Jawa Tengah Kebumen, kamu bisa mencoba salah satu makanan khas pesisir yaitu undur-undur laut atau yang sering disebut dengan Yutuk.

Undur-undur Laut, Ukem-ukem, ketam pasir, atau juga yutuk, adalah sebangsa krustasea mirip kepiting yang tergolong dalam superfamilia Hippoidea.

Undur-undur laut dapat ditemukan di pantai berpasir di semua bagian dunia, kecuali wilayah kutub.

Jika kamu bermain di pantai kamu juga bisa mencari undur-undur ini, caranya sangat mudah kamu tinggal mencangkul pasir dan menemukan undur-undur didalamnya.

Baca juga: Menolak Tua,Ternyata ini 8 Rahasia Awet Muda ala Jang Nara

Sebagai tips kamu bisa mencarinya di pinggiran pantai yang masih terkena air ombak.

Biasanya Undur-undur bisa disajikan dengan cara di buat peyek atau di goreng krispi. Rasanya gurih dan renyah hampir seperti udang atau kepiting.

Untuk kamu yaang ingin mencoba bagaimana rasanya? kamu bisa menemukan makanan ini banyak di sepanjang pantai selatan di Kota Kebumen. Disana kamu bisa mencoba makanan yang satu ini.

Untuk Peyek Undur-undur biasanya disajikan langsung yang bisa kamu nikmati bersama sepincuk pecel sayur dan lontong.

Baca juga: Moeldoko: Kabinet Presiden Jokowi Tetap Solid Kejar Target Pembangunan

Jika kamu ingin membawa pulang sebagai oleh-oleh kamu bisa membawa undur-undur Krispi atau goreng garing yang bisa tahan hingga beberapa bulan.

Biasanya jika Undur-undur krispi, cangkangnya telah dibuang sehingga rasanya pun akan lebih enak dan kriuk di lidah.

Meski makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih, namun jangan makan terlalu banyak apalagi untuk kamu yang memiliki alergi karena jika makan terlalu banyak undur-undur laut bisa menimbulkan mual bagi sebagian orang.


Berita Terkini