bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Rahasia Membuat Kripik Tempe Krispi dan Tahan Lama

Restiyan Ningsih - Ragam -> Makanan
Jumat, 3 Mei 2024 21:04
    Bagikan  
resep cara membuat kripik tempe
Pinterest

resep cara membuat kripik tempe - resep cara membuat kripik tempe

HELOINDONESIA.COMTempe merupakan salah satu bahan makanan yang banyak disukai, makanan yang terbuat dari kedele menjadi salah satu makanan yang wajib ada setiap hari. Selain harganya murah namun juga rasanya enak dan tentunya bergizi.

Tempe bisa dibuata sebagai lauk-pauk atau campuran masakan, namun juga bisa menjadi cemilan enak. Salah satunya adalah Kripik Tempe. Bukan hanya enak kripik tempe sering menjadi oleh-oleh berbagai kota. Diantaranya Bandung, Jambi dan lain-lain. 

Baca juga: Kenapa Motor di Atraksi Tong Setan Tidak Terjatuh?

Cara membuat kripik tempe gampang-gampang susah, butuh tehnik kusus ketika menggoreng kripik tempe bisa krispi dan tahan lama.

Berikut ini resep cara membuat kripik tempe yang Renyah dan Tahan lama.

Resep Cara Membuat Kripik Tempe

Bahan-bahan

250 gram tepung beras 

125 gram tepung tapioka

2 Papan tempe iris tipis 

1 butir telur utuh 

Penyedap rasa secukupnya

Garam Sesuai Selera

Air sekitar 300-350 ml

secukupnya Minyak untuk goreng

Bumbu Yang dihaluskan

5 siung bawang putih

1 siung bawang merah

1 sdt ketumbar

2 Ruas kencur

2-3 buah kemiri

Langkah

Iris tipis tempe. Agar tipis, cara mengirisnya dengan diseset pakai pisau yang tajam. Satu papan tempe bisa jadi 30-35 tempe. 

Campur semua bahan dan bumbu halus juga air, aduk hingga rata. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer untuk menghasilan kripik tempe yang renyah dan krispi.

Lalu celupkan irisan tempe satu persatu kedalam adonan tepung dan goreng dalam minyak panas, aduk bolak balik hingga kuning keemasan dan angkat

Setelah digoreng, ketika tempe sudah dingin kita bisa mengovennya sebentar dengan suhu rendah. Kalau saya, caranya dengan dioven di suhu 100 dercel, pake api atas bawah selama 20 menit. Hasilnya tempe jadi garing kriuk renyah. Dan kalau sudah dingin, tempe bisa dikemas rapat. Awet 2-3 bulan. Karena selama ditutup rapat tekstur tempe tetap kriuk.Selamat Mencoba *