bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Sebagai Role Model ASN, Heru Budi Mampu Menjembatani Kebijakan Daerah dan Pusat

Drajat Kurniawan - Lain-lain
Rabu, 12 Juli 2023 20:06
    Bagikan  
Diskusi Media Yang Diselenggarakan Kosadata.com, Dengan Tema Menakar Sepak Terjang Heru Budi Hartono
Foto : Ist

Diskusi Media Yang Diselenggarakan Kosadata.com, Dengan Tema Menakar Sepak Terjang Heru Budi Hartono - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Kepemimpinan Heru Budi Hartono menjadi Penjabat (PJ) Gubernur menggantikan posisi Anies Baswedan sudah berjalan 260 hari.

Heru Budi sebelumnya merupakan Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres). Karena jabatannya itu, sebagai Pj Gubernur Heru Budi Hartono juga bisa menjadi penjembatan kebijakan daerah dengan pemerintah pusat. 

Demikan disampaikan Pusat Pemuda Cinta Tanah Air Deni Martanti dalam diskusi media yang diselenggarakan oleh Kosadata.com, dengan tema Menakar Sepak Terjang Heru Budi Hartono, Reformasi Birokrasi Mencetak Role Model ASN Jakarta, di Hotel D'Arcici Cempaka Putih, Rabu, 12 Juli 2023.

"Beliau ini punya kelebihan, bisa mengkomunikasikan birokrasi yang berkaitan dgn pusat kepada daerah," kata dia kepada wartawan.

Baca juga: 6 Obat Alami Hilangkan Nyeri Haid, Mudah Didapat di Sekitar Kita

Kelebihan lainnya, menurut Deni, Jakarta membutuhkan pemimpin yang berorientasi pada pelayanan dan Heru Budi Hartono membuktikan bisa melakukannya. 

Sejauh ini, ungkapnya, kebijakan Pj Gubernur Heru Budi Hartonk masih pro kepada masyarakat. "Beliau memiliki komunikasi yang baik kepada masyarakat," kata dia. 

Ketua Umum Fakta Ary Subagio menjelaskan, Pj Gubernur Heru Budi Hartono bisa melakukan terobosan yang hebat di Jakarta dengan memangkas hal tidak penting yang dalam 5 tahun terakhir mendarah daging yakni keberadaan TGUPP.

Baca juga: 2 Tuna Wisma Jual Dokumen Penting PT KAI Tanjungkarang ke Rongsokan

Pj Gubernur Heru Budi Hartono juga dianggap cukup berani menjalankan kebijakan anti mainstream seperti sebelumnya. 

"Kedua bagaimana membangun komunikasi, kalau kita mau baik pelayanan publik penting diutamakan. Komunikasi publik, mendengarkan dan menjalankan apa yang diinginkan warga. Pak heru bisa belajar dari Pak Ahok dan pak Foke yang disegani," kata dia. 

Akademisi dan juga penulis buku, Deni Gunawan menjelaskan, bahwa Pj Gubernur Heru Budi Hartono bisa menjadi role model birokrat di DKI Jakarta. Melalui dirinya, ASN DKI Jakarta punya harapan jenjang karir tertinggi di pemerintahan. 

Baca juga: Ganjar Pranowo Curhat Baru Pecat Kepsek Ketahuan Pungli, Netizen: 10 Tahun Berkuasa Ngapain? Sibuk Bikin Konten?

"Bisa, ini terjadi jg pada pak Foke. Asn bisa mencapai puncak karir tertinggi. Tinggal jalurnya seperti apa," ungkap Deni.

Sepak terjangnya di pemerintahan tak perlu diragukan lagi, sejak Wali Kota hingga seperti sekaranh merupakan tangga karir yang merangkak cukup sulot untuk mencapainya. 

"Tentu gak mudah sampai kepada PJ Gubernur Jakarta. Karena jakarta kan sorotan, artinya meskipun ada keterikatan pak Jokowi dan pak Heru, gak akan segampang itu pak Jokowi memberikan kepercayaan kepada pak Heru," kata Deni.

Menurutnya Pj Gubernur Heru Budi Hartono paham bagaimana mengelola dan mengorkestrasikan birokrat di Jakarta. Sebelumnya beliau pernah bilang dalam beberapa media, agar eksistensi dinas-dinas di Jakarta harus difungsikan sebaik mungkin.

Baca juga: Erick Thohir: Presiden Jokowi Pasang Target Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala Dunia U-17

"Pak Heru memahami betul kebutuhan eksistensinya. Beliau akan menempatkan birokrat-birokrat itu untyuk menyelesaikan masalah masyaraka," katanya. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua Umum Rumah Aktivis Institute, Andri Nurkamal, bahwa Pj Gubernur Heru Budi Hartono bekerja dengan berorientasi pada pelayanan. "Beliau berorientasi pada pelayanan," tandasnya.