bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

6 Obat Alami Hilangkan Nyeri Haid, Mudah Didapat di Sekitar Kita

M. Haikal - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 12 Juli 2023 19:58
    Bagikan  
haid, datang bulan,
Foto: pixabay

haid, datang bulan, - Cara meredakan nyeri haid menggunakan bahan alami di sekitar kita.

HELOINDONESIA.COM - Bagi perempuan ketika nyeri haid yang parah sering kali dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Merasakan keram dan nyeri haid menjadi salah satu permasalahan umum yang dihadapi oleh setiap wanita.

Melansir Verywell Family, penyebab nyeri haid biasanya dipengaruhi perubahan hormon prostaglandin di dalam tubuh wanita.

Jika terjadi di malam hari, nyeri haid juga bisa membuat sulit untuk tidur.

Berikut beberapa obat alami yang bisa menghilangkan nyeri haid yang mudah ditemui di sekitar Anda.

Baca juga: 2 Tuna Wisma Jual Dokumen Penting PT KAI Tanjungkarang ke Rongsokan

1. Jahe

Potong jahe menjadi potongan kecil kemudian masukkan ke dalam air panas dan juga bisa memasukan gula merah untuk dijadikan minuman pereda kram atau nyeri.

Segelas wedang jahe mampu memberikan kehangatan sekaligus meredakan sejumlah gejala menstruasi. Jahe memiliki efek antiinflamasi sehingga mampu meredakan otot yang pegal dan tegang.

Selain itu jahe juga dapat mengurangi rasa mual ketika haid.


2. Kunyit

Kunyit mengandung zat kurkumin, yaitu zat yang dapat membantu meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS).

Kunyit diyakini ampuh mengatasi rasa nyeri berupa kram perut, karena kandungan kurkuminnya bisa menghambat produksi prostaglandin berlebih yang ada dalam rahim.

Namun, mengkonsumsi kunyit terlalu banyak sebagai obat nyeri haid juga tidak dianjurkan karena berisiko terserang sakit mag dan sakit perut.

Baca juga: Ganjar Pranowo Curhat Baru Pecat Kepsek Ketahuan Pungli, Netizen: 10 Tahun Berkuasa Ngapain? Sibuk Bikin Konten?

3. Konsumsi banyak air

Minum air dapat membuat tubuh tidak menahan air dan membantu menghindari rasa kembung yang menyakitkan selama menstruasi. Air hangat biasanya lebih baik untuk mengatasi kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengendurkan otot yang kram.

Air hangat dengan tidak langsung dapat merelaksasi tubuh menjadi tidak tegang sehingga dapat menghilangkan rasa sakit ketika haid.

4. Daun Dill

Daun dill terbukti mengandung senyawa anti-inflamasi dan antispasmodik yang diyakini para ahli dapat mengurangi kontraksi otot dan pembengkakan yang terkait dengan nyeri haid.

Sejatinya sayuran hijau mampu meringankan rasa ketika haid, tetapi daun dill secara efektif bisa menenangkan saraf dan pikiran sehingga dapat mengurangi rasa sakit.

Baca juga: Erick Thohir: Presiden Jokowi Pasang Target Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala Dunia U-17

5. Teh hijau

Selain memenuhi asupan kafein harian Anda, teh hijau juga mengandung antioksidan yang berfungsi menjaga sistem tubuh tetap berjalan sebagaimana mestinya. teh hijau mengandung L-theanine yang berfungsi unutuk menenangkan dan meredakan rasa sakit ketika haid.

6. Nanas

Enzim bromelain yang terkandung di dalam nanas bisa membantu meredakan ketegangan otot. Jus nanas pun bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi sebagai minuman saat menstruasi. Jus nanas pun mampu membantu meredakan ketegangan dan melemaskan otot rahim.

Sifat antioksidan yang dimiliki nanas juga dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan rasa nyeri pada saat menstruasi /haid.

Baca juga: Punya Beking Kuat, Alwi Husen Maolana Terdakwa Revenge Porn dan Perkosaan Mahasiswi di Pandeglang Dapat Perlakuan Istimewa

Itulah obat herbal yang mudah kita temukan dan bisa dijadikan sebagai pereda nyeri ketika mengalami haid. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menolong bagi para pembaca.