Helo Indonesia

Ancam ASN Malas Pindah ke IKN, PKS : Heru Budi Ingin IKN Diisi Aparatur Berkinerja Jeblok

Drajat Kurniawan - Lain-lain
Rabu, 29 November 2023 19:14
    Bagikan  
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Foto : Tangkapan Layar

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Ancaman Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara jika tak bekerja baik tidak hanya menuai polemik. Namun pernyataan Heru Budi tersebut sangat melukai hati Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Penasehat Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Karyatin Subiantoro mengatakan, pernyataan Pj Heru memindahkan ASN yang malas ke IKN menimbulkan dampak negatif bagi Jokowi. Pasalnya dia dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

Pernyataan Pj Heru menggambarkan jika IKN diisi pejabat yang punya kinerja jeblok. "ASN yang males dipindahkan ke IKN menurut saya tamparan cukup keras dan negatif presiden dalam hal ini yang sudah begitu kerja keras susah payah akan mewujudkan ikn ternyata ikn itu akan diisi oleh ASN-ASN yang malas atau bermasalah," kata Karyatin di Jakarta, Rabu (29/11). 

 Sekertaris Komisi A DPRD DKI Jakarta ini, menyayangkan Herusebagai pejabat negara perlu yang arif dan bijak dalam berucap jangan sampai menimbulkan polemik di masyarakat. Kata dia, apalagi saat ini tengah memasuki tahun politik.

Baca juga: Ancam Pindahkan ASN ke IKN, Pengamat : Sebenarnya Heru Budi Tak Mampu Mimpin di Jakarta

"Ini jadi tidak produktif kalimat-kalimatnya itu dikeluarkan oleh seorang pejabat apalagi setingkat gubernur dki dimana asn-asn dki adalah asn yang secara kapasitas harus punya banyak kelebihan karena sumber dayanya, karena fasilitasnya," paparnya.

Dia menilai, mestinya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemprov DKI bisa lebih maksimal kerjanya dengan fasilita lebih baik dan memadai.

"Karena infrastruktur dan para penunjangnya cukup banyak ada TKD yang saya yakin ASN ASN itu akan bisa lebih meningkatkan asal kemudian eksekutifnya dalam hal ini melakukan fungsi tupoksinya," tuturnya. 

Baca juga: Buruh Akan Gugat UMP DKI 2024 ke PTUN, Heru Budi : Boleh Saja Hak Warga Negara

Lantas ucap dia, bila Pj Heru temukan ada ASN yang bekerja malas-malasan harusnya dilakukan pembinaan dan pembinaan itu berkelanjutan, jangan dimutasi ke kota lain. 

"Jangan pernah lelah karena harus bisa merubah dari tidak baik menjadi baik, dari tidak bisa menjadi bisa, dari malas harus bisa jadi giat," ucapnya.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengancam akan memutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemprov DKI ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Pulau Kalimantan, bila kerjanya tidak maksimal.

"Jadi bapak kalau enggak bekerja dengan baik, sesuai dengan UU ASN yang terbaru bapak saya pekerjakan ke IKN," kata Heru di Jakarta, pada Selasa (28/11).