Aneka Makanan Berfungsi Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Jumat, 23 Juni 2023 05:41
(ist) Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Otak adalah organ yang penting dan sangat kompleks dalam tubuh kita. Otak manusia terdiri dari bagian-bagian yang memiliki fungsinya masing-masing. Kepandaian dan kreativitas manusia sangat ditentukan oleh struktur otak yang dimilikinya.

Agar berfungsi dengan baik dan maksimal maka otak perlu dijaga. Salah satu caranya dengan memberikan kebutuhan nutrisi yang tepat. 

Makanan yanh dikonsumsi dengan tepat dapat memengaruhi kinerja otak, khususnya dalam hal meningkatkan konsentrasi, memori, dan kemampuan berpikir.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kemampuan otak.

Baca juga: Elon Musk dan Zuckerberg Saling Tantang untuk Pertarungan Platform

Buah-buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang esensial bagi kesehatan otak. 

Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak, sementara vitamin dan mineral memberikan nutrisi penting yang diperlukan untuk fungsi otak yang optimal.

Beberapa contoh buah dan sayuran yang baik untuk kesehatan otak meliputi blueberry, stroberi, brokoli, bayam, dan wortel. 

Baca juga: Pengamat Adi Prayitno Cegah Gibran Maju Jadi Cagub DKI, Sebab Ada Data Survei yang Sangat Bagus

Ikan berlemak 

Konsumsi ikan berlemak secara teratur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Sejumlah jenis ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang penting bagi kesehatan otak. Omega-3 membantu membangun dan memelihara jaringan otak serta meningkatkan fungsi kognitif. 

Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, kenari, kacang tanah, dan biji bunga matahari mengandung banyak nutrisi penting untuk otak, termasuk vitamin E, asam lemak omega-3, dan antioksidan. Makanan ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fokus.

Baca juga: Memasuki Masa Endemi, IDI Tetap Sarankan Vaksinasi ke-4, Ini Alasannya

Selalu ingat bahwa makanan ini hanya sebagian dari gaya hidup sehat secara keseluruhan. Pola makan seimbang, tidur yang cukup, olahraga teratur, dan merawat kesehatan mental juga penting dalam menjaga kesehatan otak. Jadi, jangan lupakan gaya hidup sehat secara menyeluruh ketika mencoba neningkatkan kemampuan otak.



Berita Terkini