Baunya menyengat, Ternyata Petai Punya Banyak Khasiat Bagi Tubuh

Kamis, 1 Juni 2023 02:00
(Freepik) Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Petai atau pete tergolong sayuran yang memiliki banyak khasiat. Meski begitu sayuran ini termasuk makanan yang sering Dihindari.

Hal itu disebabkan, Petai memiliki aroma yang menyengat dan membuat air seni menjadi bau. 

Penasaran, kenapa petai memiliki aroma menyengat?

Penyebabnya adalash kandungan asam amino pada petai yang membuat aromanya menyengat karena unsur belerang yang sangat tinggi.

Namun demikian, ternyata petai memiliki kandungan sejuta manfaat bagi tubuh manusia.

Baca juga: Bermasalah Dengan Kolesterol? Tanaman Ini Ampuh Jadi Obat

Dikutip dari berbagai sumber, berikut kandungan petai yang bermanfaat bagi tubuh :

Mengatasi masalah pencernaan.

Pete mengandung serat yang tinggi sehingga baik sekali untuk pencernaan. Hal itu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Seperti usus, mencegah sembelit dan lainnya.

Membuat rileks.

Petai juga memiliki kandungan senyawa trifopan diolah menjadi serotonin sehingga membuat seseorang yang yang mengkonsumsi pete menjadi rileks.

Sumber Antioksidan

Kandungan zat antioksidan dalam Petai sangat bermanf aat untuk kesehatan tubuh. bahkan menurut penelitian, kandungan antioksidan Petao cukup tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan kandungan antioksidan di dalam petai dapat menghancurkan radikal bebas lebih dari 70% dalam tubuh. Sehingga dipercaya dapat mencegah risiko kanker. Senyawa aktif ini dapat menghilangkan racun dan sel kanker dalam tubuh yang dibawa radikal bebas. 

Baca juga: Catat, Car Free Day Jakarta 4 Juni Ditiadakan

Menurunkan Tekanan Darah

Petai mempunyai kandungan yang rendah garam tetapi tinggi kadar kalium sehingga efektif menurunkan tekanan darah.

Kalium bermanfaat menstabilkan detak jantung, mengatur keseimbangan cairan tubuh, dan melancarjan aliran darah. Bahkan menurut penelitian, petai dalam menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko terkena stroke, dan penyakit jantung.

Mengobati nyeri saat haid

Kandungan vitamin B6 membuat kadar gula darah seorang wanita menjadi seimbang sehingga mood seorang wanita menjadi membaik.

Menghilangkan rasa gatal bekas gigitan nyamuk. 

Ternyata gatal akibat digigit nyamuk bisa dihilangkan oleh kulit pete. Caranya ambil kulit petai lalu gosokkan pada kulit kita yang gatal.

Berita Terkini