Manfaat Mandi Air Hangat Setelah Aktivitas, Baik Bagi Kesehatan

Rabu, 17 Mei 2023 00:49
(Ist) Foto : Ist

HELOINDONESIA.COM - Setelah lelah karena seharian beraktivitas, mandi dengan air hangat menjadi salah satu cara terbaik untuk melepas lelah. Rasa nyaman saat mandi air hangat bisa membuat tubuh kita lebih relaks, usai bekerja seharian.

Selain memberikan rasa nyaman, berikut beberapa manfaat mandi air hangat untuk kesehatan:

Meredakan stres

Mandi air hangat bisa menjadi obat ampuh untuk meredakan stres setelah beraktivitas seharian. Air hangat bermanfaat untuk meningkatkan level hormon oksitosin yang mampu membuat suasana hati lebih baik serta menurunkan kadar stres. Tak ada salahnya mandi dengan sabun favorit Anda sambil menggosok bagian tubuh secara perlahan. Cobalah pejamkan mata sambil menikmati air hangat yang membasahi sekujur badan Anda.

Baca juga: Efek Kekurangan Vitamin C pada Tubuh, Harus Diwaspadai

Menjadikan kulit lebih sehat

Rutin mandi air hangat juga dapat membantu membuka pori-pori dan mengangkat kotoran dan racun dari pori-pori, sehingga kulit akan tampak lebih bersih dan sehat. Selain itu, manfaat mandi air hangat juga dapat membuat kulit lebih lembap dalam waktu yang lebih lama. Ini mencegah masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Membantu tidur lebih cepat

Manfaat mandi air hangat selanjutnya adalah, Anda bisa tidur lebih cepat. Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan merelaksasi otot-otot dalam tubuh. Ini dapat memberikan efek menenangkan, baik secara fisik maupun mental.

Baca juga:  Erick Thohir Usai Indonesia Hancurkan Thailand 5-2: Bukti Kita Bangsa Pejuang

Menghilangkan bakteri tubuh

Bakteri yang hinggap di dalam tubuh tidak akan tahan dengan temperatur air hangat. Itulah sebabnya Anda dianjurkan untuk mandi air hangat jika tubuh terasa gatal atau iritasi. Mandi air hangat juga baik dilakukan jika tubuh sedang terluka karena sirkulasi darah di area yang terluka menjadi lebih lancar sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Membersihkan kulit wajah dari sisa kotoran

Tak hanya untuk tubuh, air hangat juga bermanfaat untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran yang menyumbat di pori-pori. Air hangat akan membuka pori-pori wajah dan membuat Anda lebih mudah dalam membersihkan wajah. Setelah itu, bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori agar wajah lebih kencang dan terasa segar.

Berita Terkini